PDB Zona Eropa Alami Kemunduran

Posted on Sep 06, 2011

Pertumbuhan zona Eropa tumbuh pada tingkat yang moderat di kuartal ke-2, tingkat kepercayaan diri semakin menipis di tengah krisis yang terjadi, dan permintaan juga ikut melemah.

Produk Domestik Bruto (PDB) tumbuh 0,2% secara berurutan pada kuartal ke-2, menurut angka terbaru yang diterbitkan oleh Eurostat pada hari Selasa. Angka tersebut diikuti ekspansi 0,8% pada kuartal pertama.

Sementara itu, tingkat pertumbuhan tahunan direvisi menurun sedikit menjadi 1,6% dari yang telah diperkirakan sebelumnya sebesar 1,7%. Pada kuartal pertama, PDB meningkat 2,4% per tahun.

EU27 juga telah diperluas 0,2% secara berurutan, dengan pertumbuhan tahunan yang menjadi 1,7% pada kuartal ke-2. Ekonomi Jerman mencatat pertumbuhan sebesar 0,1% dari kuartal-ke-kuartal.

Sedangkan ekonomi Perancis mengalami stagnasi, dan pertumbuhan ekonomi melambat 0,2% dari 0,4% pada kuartal pertama. Di sisi lain, Italia memperluas 0,3% pada kuartal ke-2, akan tetapi negara tersebut juga sedang berjuang untuk mengatasi masalah hutang publiknya.

Dari sisi pengeluaran, belanja rumah tangga menurun 0,2% dari kuartal-ke-kuartal yang menyusul pertumbuhan 0,2% pada kuartal pertama. Tingkat kenaikan ekspor melambat menjadi 1% pada kuartal ke-2 dari 2% pada kuartal sebelumnya. Pertumbuhan impor pada kuartal ke-2 hanya 0,5% bergeser dari 1,5% pada kuartal pertama.

“Memang, data terbaru dan survei menunjukkan bahwa zona Eropa terus menderita pada kuartal ke-2 serta berkemungkinan akan berlanjut pada kuartal ke-3. Kami berharap zona Eropa bisa bertahan untuk melalui sisa tahun 2011 dalam menghadapi tekanan domestik dan global yang meningkat,” kata kepala ekonom IHS Global Insight – Howard Archer.

There are no comments yet

  • Hello, guest