Pertumbuhan PDB KorSel Direvisi Naik

Posted on Sep 06, 2011

Pertumbuhan ekonomi Korea Selatan untuk kuartal ke-2 direvisi naik, akan tetapi tingkat ekspansi lebih kecil dari pertumbuhan pada kuartal pertama. Menurut data dari Bank of Korea (BOK) yang menunjukkan pada hari Selasa.

Produk Domestik Bruto (PDB) riil naik 0,9% dari kuartal-ke-kuartal, sedikit lebih besar dari ekspansi 0,8% yang diperkirakan pada 27 Juli lalu. Tingkat pertumbuhan melambat dari 1,3% pada kuartal pertama.

Pada perbadingan tahunan, ekonomi tumbuh 3,4% pada kuartal ke-2. Hal tersebut tidak berubah dari perkiraan sebelumnya. Pada sektor manufaktur, maju 1,4% secara berurutan yang dipimpin oleh mesin umum dan peralatan transportasi.

Didukung oleh non-perumahan konstruksi bangunan, sektor konstruksi meningkat 2,6%. Sementara itu jasa produksi masih tetap datar.

Dari sisi pengeluaran, PDB menunjukkan bahwa investasi merupakan faktor utama di balik pertumbuhan ekonomi, menyusul penurunan 4,3% pada kuartal pertama. Investasi tumbuh 2,3% pada kuartal ke-2.

Pengeluaran konsumsi akhir naik pada kecepatan yang lebih cepat dari 0,9%. Sementara itu, pertumbuhan ekspor melambat menjadi 1,2%, sedangkan pertumbuhan impor dipercepat hingga 2,8%.

There are no comments yet

  • Hello, guest