BOJ Tahan Pelonggaran Moneter Lebih Lanjut

Posted on Sep 07, 2011

Bank of Japan (BOJ) pada hari Rabu dengan suara bulat, memutuskan untuk mempertahankan tingkat panggilan uncollateralized overnight di sekitar 0-0,1%. Sementara itu, BOJ menjaga kredit dan program pembelian aset sebesar ¥50 Triliun.

Bank sentral mengatakan, akan menjaga tingkat mendekati 0 sampai stabilitas harga sudah di depan mata. Sebagian dari upaya untuk mengatasi deflasi dan membantu perekonomian kembali ke jalur pertumbuhan yang berkelanjutan.

Bank akan terus konsisten untuk memberikan kontribusi dengan mengejar pelonggaran monter yang kuat. Dalam pertemuan sebelumnya, bank meningkatkan ukuran program pembelian aset dari ¥5 Triliun menjadi ¥15 Triliun.

Berdasarkan pengakuan bahwa resiko penurunan prospek ekonomi akan terjadi pada waktu dekan, fasilitas kredit ini diperluas dari ¥5 Triliun menjadi ¥35 Triliun.

Langkah-langkah ini juga yang dimaksudkan untuk membendung apresiasi Yen, yang telah menyakiti pemulihan ekonomi dari gempa dan tsunami pada bulan Maret lalu serta bencana nuklir.

Ekonomi Jepang diperkirakan akan kembali ke jalur pemulihan yang moderat dari paruh tahun fiskal 2011, yang didukung oleh peningkatan ekspor perusahaan yang mencerminkan permintaan dari luar negeri, dan kenaikan permintaan domestik untuk memulihkan modal saham.

Para pembuat kebijakan di Jepang berjuang untuk membendung kenaikan Yen. Kuatnya arus dari save haven setelah krisis utang di Eropa dan penurunan peringkat kredit di AS telah menyebabkan apresiasi tajam bagi mata uang.

Bulan lalu, departemen keuangan melakukan intervensi di pasar untuk pertama kalinya sejak bulan Maret lalu untuk menghentikan keuntungan dalam Yen. Menteri keuangan Jepang yang baru – Jun Azumi juga telah berjanji akan mengambil tindakan jika kekuatan Yen mengancam pemulihan ekonomi.

Data dari departemen keuangan menunjukkan hari ini, bahwa cadangan devisa Jepang telah naik ke rekor tertinggi menjadi $1,218 Triliun pada akhir Agustus setelah intervensi pemerintah dalam pasar mata uang di awal bulan.

There are no comments yet

  • Hello, guest