Ekspor Jatuh, Penjualan & Manufaktur Meningkat

Posted on Sep 08, 2011

Ekspor dan impor Jerman menurun tak terduga pada bulan Juli, seperti yang dikatakan oleh kantor statistik hari Kamis. Pengiriman turun 1,8% dari bulan-ke-bulan pada Juli yang menyusul penurunan 1,2% pada bulan Juni.

Impor juga ikut turun 0,3%, hal tersebut mengimbangi kenaikan 0,3% pada bulan lalu. Para ekonom mengharapkan terjadi kenaikan 0,5% dalam ekspor dan pertumbuhan 0,3% secara bulanan untuk impor.

Akibatnya, surplus perdagangan menurun menjadi €10,4 Miliar dari €12,7 Miliar pada bulan Juni. Saldo account saat ini sebesar €7,5 Miliar pada bulan Juli turun dari €11,5 Miliar pada bulan Juni.

Di sisi lain, omset manufaktur Jerman tumbuh 10,8% dari tahun-ke-tahun pada bulan Juli seperti yang dikatakan oleh kantor statistik hari Kamis. Omset dalam negeri naik 10,3%, sedangkan omset dari bisnis dengan pelanggan asing naik 11,3%.

Pada basis bulanan, penjualan naik 4,1% dan penjualan domestik 4,2% lebih tinggi dari bulan sebelumnya, sedangkan penjualan luar negeri meningkat 4%. Omset manufaktur selama 7 bulan pertama tahun ini maju 9,8% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Sementara itu, biaya tenaga kerja di Jerman meningkat pada kecepatan yang lebih cepat pada kuartal ke-2. Indeks biaya tenaga kerja meningkat 4,4% secara tahunan pada kuartal ke-2, lebih cepat dari pertumbuhan 2,8% pada kuartal pertama.

Pada saat yang sama, upah kotor dan indeks upah naik 4,2% per tahun pada kuartal ke-2 mengikuti pertumbuhan 2,2% pada kuartal pertama. Pertumbuhan tahunan dalam indeks biaya non-upah meningkat menjadi 5,2% pada kuartal ke-2 dari 5% yang tercatat di kuartal sebelumnya.

There are no comments yet

  • Hello, guest