Zoellick: Krisis Utang Akan Hilangkan Investasi

Posted on Sep 20, 2011

Krisis utang yang sedang berlangsung di Eropa dan AS dapat menyebabkan penurunan dalam investasi di negara berkembang, dan pelanggan mereka kemungkinan akan melakukan penarikan seperti yang sudah diperingatkan oleh Presiden bank dunia – Robert Zoellick memperingatkan hari Senin kemarin.

Zoellick mengatakan, negara-negara berkembang sudah menghadapi tantangan penurunan permintaan ekspor mereka ke negara-negara maju, dan penurunan permintaan domestik mereka yang artinya negara-negara berkembang akan kehilangan kendali pada ekonomi mereka.

Seluruh dunia menyaksikan dan menunggu Eropa, Jepang serta AS untuk dapat mengatasi masalah yang dihadapi. Zoellick juga memperingatkan bahwa peristiwa pada bulan Agustus menunjukkan bahwa penularan utang menyebar cepat ke pasar negara berkembang.

Menanggapi pertanyaan mengenai bantuan keuangan dari pasar negara berkembang. Ia mengatakan bahwa di antara negara-negara berkembang, ada rasa untuk ingin mencoba mendukung negara maju, dan khususnya di titik krisis zona Eropa, akan tetapi itu berbeda dengan sekedar “meletakkan uang” saja.

Dia mencatat bahwa ada juga keraguan yang dialami oleh Cina, dan Eropa tentang menempatkan uang yang telah diperoleh dengan susah payah oleh orang-orang yang memiliki pendapatan per kapita sekitar $4,000. Zona Eropa harus segera memecahkan masalah yang terjadi di kawasan tersebut.

Wilayah ini harus menghadapi beberapa pertanyaan yang mendasar, tidak hanya untuk menangani masalah-masalah likuiditas akhir-akhir ini. Akan tetapi juga dasar-dasar utang, bank serta daya saing anggota karena efek krisis ini sudah mulai meluas.

There are no comments yet

  • Hello, guest