Hong Kong Perlambat Inflasi, Surplus Transaksi Terjun

Posted on Sep 22, 2011

Inflasi harga konsumen Hong Kong di bulan Agustus lebih lambat dari perkiraan para ekonom, setelah mempercepat lajunya pada bulan sebelumnya. Departemen sensus dan statistik merilis data tersebut pada hari Kamis.

Indeks komposit harga konsumen naik 5,7% per tahun pada bulan Agustus, lebih lambat dari pertumbuhan 7,9% pada bulan Juli. Ekonom memperkirakan harga akan naik 5,8% pada bulan Agustus, pada bulan Juni, tingkat inflasi berkisar 5,6%.

Harga pangan maju 8% dari tahun-ke-tahun selama sebulan, dan biaya perumahan naik 8,3%. Ada pertumbuhan tahunan sebesar 7,5% dalam harga pakaian dan alas kaki, kenaikan juga terjadi di biaya transportasi sebesar 4,9%.

Secara bulanan, harga konsumen menurun 0,6% pada bulan Agustus, membalikkan kenaikan 0,3% yang terlihat pada bulan Juli.

Di sisi lain, rekening surplus Hong Kong menurun dari tahun lalu pada kuartal ke-2. Surplus transaksi berjalan menurun menjadi HK$4,64 Miliar pada kuartal ke-2 dari HK$8,12 Miliar pada kuartal ke-2 2010.

Rekening barang menunjukkan defisit sebesar HK$125,61 Miliar pada kuartal ke-2, lebih tinggi dibanding defisit pada periode yang sama tahun lalu sebesar HK$97,17 Miliar.

There are no comments yet

  • Hello, guest