Sektor Manufaktur Cina Kembali Mengalami Kontraksi

Posted on Sep 22, 2011

Sektor manufaktur Cina mengalami konstraksi untuk bulan ke-3 pada bulan September, dengan penurunan produksi dan pesanan baru selama sebulan terakhir menurut hasil survei oleh Markit Economics yang menunjukkan pada hari Kamis.

Indeks Pembelian Manajer (PMI) HSBC di sektor manufaktur sedikit turun menjadi 49,4 pada bulan September dari 49,9 di bulan Agustus. Sebuah wacana mengatakan bahwa PMI berada di bawah 50 berarti terdapat konstraksi di sektor tersebut.

Indeks produksi manufaktur tergelincir menjadi 49,2 dari 50,2 di bulan Agustus. Pesanan baru terus mengalami kontraksi selama sebulan terakhir, sementara pesanan ekspor baru menurun pada kecepatan yang lebih cepat.

Pekerjaan di sektor manufaktur juga turun selama sebulan. Namun, kepala ekonom HSBC – Qu Hongbin berpendapat bahwa ini adalah pertumbuhan yang moderat, sama seperti pada 2 bulan sebelumnya.

Menurut ekonom permintaan eksternal sedikit melemah, namun data perdagangan resmi di sektor ekspor masih menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Cina kurang bergantung pada ekspor, dan permintaan domestik dirasa sudah cukup tangguh untuk mendukung pertumbuhan 8,5% – 9% pada kuartal mendatang.

There are no comments yet

  • Hello, guest