Kenapa harga Emas turun belakangan ini?

Posted on Sep 28, 2011

ilustrasi harga emas turunKenapa harga emas turun secara tiba-tiba? Mungkin, Anda salah satu dari banyak orang yang mempertanyakannya. Sebenarnya, apa yang menyebabkan hal ini terjadi?

Dua Penyebab Harga Emas Turun

Federal Reserve Amerika

US Central Bank atau yang lebih dikenal dengan Federal Reserve, mengeluarkan kebijakan yang dinamakan “Operation Twist“. Kebijakan ini adalah menjual surat utang Amerika (obligasi) yang jatuh temponya pendek, dan meggunakan dananya untuk membeli surat utang yang jatuh temponya lama (10 tahun atau lebih).

Nah, yang penting dari Operation Twist ini adalah efeknya ke market. Akibat penjualan surat utang yang jatuh temponya pendek tersebut, maka tingkat bunga dari surat utang jangka pendek ini menjadi naik dan cukup menjanjikan bagi mutual fund dan hedge fund yang mengelola dana besar.

operation twist menyebabkan harga emas turun

Mutual Fund, Hedge Fund dan Kepanikan di Market

Menurut analisis MRG Trade, faktor berikutnya yang menyebabkan harga emas turun adalah Mutual Fund dan Hedge Fund. Keduanya secara serentak beralih untuk memburu surat utang jangka pendek Amerika yang dijelaskan pada poin pertama. Surat utang suatu negara dianggap sebagai investasi untuk mendapatkan profit yang paling aman di tengah krisis yang melanda euro dan menurunnya performa China.

Negara yang mengeluarkan surat utang bisa mencetak uang untuk membayar utang atau bunga dari surat utang yang sebelumnya di keluarkan. Dalam kasus ini, Amerika adalah dikenal sebagai negara yang paling aman mata uangnya (safe haven). US Dollar adalah mata uang yang bisa digunakan hampir di seluruh penjuru dunia.

Sebagai akibat perburuan surat utang tersebut, maka mutual fund dan hedge fund secara beramai-ramai memindahkan dana nya untuk membeli surat utang tersebut. Dana yang mereka gunakan ini adalah dengan cara menjual suatu instrumen investasi yang sebelumnya mereka pegang. Emas dan saham yang sebelumnya mereka pegang akhirnya dijual dan dananya digunakan untuk membeli surat utang Amerika. Secara bersamaan mereka juga bisa dikatakan melakukan taking profit.

Ketika hal diatas terjadi, maka market emas akan turun secara signifikan, dan hasilnya menimbulkan kepanikan dan efek berantai diantara para hedge fund dan investor lainnya. Akibatnya terjadi aksi “sell-off” (aksi jual besar-besaran).

Trader’s View

Sebelumnya MRG Trade pernah memberitakan bahwa index market yang jatuh di seluruh dunia, dan kali ini komoditi emas dan oil juga turut jatuh. Secara garis besar, dalam jangka waktu pendek ini tidak ada “tempat bersembunyi” yang paling aman selain surat utang Amerika.

Bagi trader, naik atau turunnya suatu market mungkin tidak menjadi halangan bagi meraih profit. Namun selalu berpedoman kepada hukum risk and reward adalah cara trading yang bijak

Bagaimana pendapat anda mengenai penurunan Gold ini?
Apa pengalaman trading anda dalam fenomena ini?
Mari kita berbagi untuk sesama trader disini 🙂

Bila anda menyukai artikel ini, anda mungkin juga menyukai artikel berikut :   

21 comments

  • Hello, guest
  • Kalau belum menguasai syariat islam jangan share tentang Riba di forum ini, bisa menyesatkan!
  • Semuanya praktek tipu-menipu dan riba.... Pasti akan kena batunya... Kalo pengin kaya ya kerja... Hidup secukupnya tidak menumpuk harta... :D
  • hanya pandangan pribadi aja. siapa yang bisa memastikan bahwa surat hutang negara US akan bisa exist selamanya? banyak orang sudah tahu bahwa US sendiri punya utang yang banyak ahli mengatakan "unsolveable". mereka terus dan terus mencetak uang dalam jumlah besar dengan QE1, QE2 dan QE3nya sebentar lagi dan itu akan menghancurkan kredibility mereka dlm jangka panjang. saya pikir gold akan menjadi the last man standing ketika semuanya berguguran. kita hanya perlu memandang dari perspektif dan time horizon yg tepat saat ini.
    • Bung Vincent, surat hutang yang diincar adalah yang tempo nya jangka pendek (2 - 3 tahun). Saya kira US ga akan collapse dalam tempo tersebut :D
  • Baagi saya, gampang aja, bagi trader Gold yg menggunakan indikator parabolic sar, liat aja TF daily dan monthly, memang sudah masak dan waktunya trdend menyentuh titik balik sell ke monthly. Namun jika titik monthly sdudah tersentuh, maka Gold akan naik semula :) mungkin dalam bulan oktober ini :) sukses
  • Saya kira bukan rumus bung Wink, tapi lebih tepatnya korelasi. Didalam dunia trading begini saya kira tidak bakalan ada rumus pasti di mana 1 + 1 =2 Semuanya berdasarkan probabilitas dan korelasi. Korelasi yang paling mendekati adalah yang kita pakai untuk meminimalisir resiko :)
  • bagaimana pengaruhnya terhadap pier USD/CHF..kan dulu ada rumus harga emas naik, CHF juga ikut naik..(kalo nggak lupa ya..), tapi pier malah menunjukan penguatan..jadi gimana dong..?