RBA Menurunkan Suku Bunga Acuan Untuk Pertama Kalinya

Posted on Nov 01, 2011

Reserve Bank of Australia (RBA) pada hari Selasa menurunkan suku bunga acuan sebesar seperempat poin, penurunan tersebut mengikuti turunnya inflasi dan pertumbuhan domestik yang moderat karena aktivitas ekonomi global yang lemah.

Biaya pinjaman negara itu yang merupakan tertinggi di negara maju, diturunkan untuk pertama kalinya sejak April 2009. Tingkat acuan diturunkan sebesar 25 basis poin menjadi 4,5% seperti yang diharapkan.

Bank Australia telah menaikkan tingkat uang selama 7 kali dari bulan Oktober 2009, dan tingkat baru yang efektif mulai tanggal 2 November. “Dengan pertumbuhan secara keseluruhan, inflasi sekarang mungkin dekat dengan target dan keyakinan ditunjukkan luar sektor sumber daya,” RBA mengatakan dalam sebuah pernyataan.

“Dewan menyimpulkan bahwa sikap yang lebih netral mengenai kebijakan moneter saat ini akan konstinten dengan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan, dan inflasi 2%-3% dari waktu ke waktu,” tambah RBA.

RBA mengatakan, inflasi kemungkinan akan konsisten dengan target pada tahun 2012 dan 2013. Menurut angka yang dirilis oleh biro statistik Australia, inflasi turun menjadi 0,6% pada bulan September dari 0,9% pada Q3 sebelumnya.

Dengan kondisi pasar tenaga kerja sekarang yang lebih tenang, kemungkinan akan terjadi percepatan yang signifikan dalam biaya tenaga kerja di luar sumber daya dan sektor terkait dalam waktu dekat, kata bank sentral.

Mengenai ekonomi, RBA mencatat bahwa pertumbuhan secara keseluruhan telah berjalan moderat. Namun, investasi di sektor sumber daya terlihat sangat kuat dan akan lebih banyak lagi yang akan datang.

Pada ekonomi global, dewan kebijakan mengatakan bahwa laju pertumbuhan global telah berjalan moderat, meskipun kekhawatiran penurunan besar masih belum dibebankan sejauh ini.

Bagaimanapun, kinerja perdagangan mulai melihat beberapa dampak dari perlambatan yang signifikan dalam aktivitas ekonomi di Eropa, di mana prospek melemahnya ekonomi yang berkelanjutan, RBA mengatakan.

There are no comments yet

  • Hello, guest