Saham AS Alami Kerugian Setelah Tindakan PM Yunani

Posted on Nov 01, 2011

Saham AS mengalami kerugian berat pada Selasa sore ini, setelah keputusan Yunani yang mengejutkan untuk memanggil suatu referendum pada paket bailout yang dicampur dengan ketakutan default terbaru.

Dow Jones Industrial Average turun 119 poin ke 11,778, indeks S&P 500 turun 18,80 poin menjadi 1,230.50, dan Nasdaq turun 33,25 poin ke 2,322.75.

Perdana Menteri Yunani – George Papandreou pada senin malam tiba-tiba menyerukan referendum, mengenai rencana bailout terbaru dalam menghadapi kemarahan publik yang meningkat mengenai langkah-langkah penghematan lebih lanjut, dan memperdalam resesi.

Langkah ini muncul setelah para pemimpin Eropa pekan lalu mengumumkan 3 rencana yang bercabang untuk memotong beban utang Yunani, dengan menuliskan 50% dari nilai obligasi pemerintah yang dimiliki oleh bank-bank dan investor swasta lainnya, rekapitalisasi bank-bank Eropa serta meningkatkan daya tembakan dari dana bailout.

Para ekonom Barclays mengatakan bahwa langkah yang mengejutkan dari Papandreou tampaknya menjadi tawaran untuk menopang dukungan penghematan lebih lanjut.

Ditambah lagi dengan upaya liberalisasi ekonomi karena pemerintah telah melihat popularitas langkah-langkah penghematan dan resesi yang memudar. Mereka mengharapkan pemerintah dapat memenangkan referendum tersebut.

There are no comments yet

  • Hello, guest