Cina Tak Janji Akan Berkontribusi Pada Dana Bailout Eropa

Posted on Nov 03, 2011

Cina tidak dapat berkomitmen untuk memberikan kontribusi untuk meningkatkan dana dari Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa (EFSF), karena tidak ada rincian yang jelas pada rencana Uni Eropa untuk memanfaatkan dana bailout, Wakil Menteri Keuangan Cina – Zhu Guangyao mengatakan pada hari Rabu kemarin.

“Tidak ada rincian secara teknis pada mekanisme yang baru, sehingga tidak ada pertanyaan mengenai investasi tersebut,” kata sebuah laporan yang mengutip Zhu pada malam pertemuan G20.

Dia mengatakan bahwa keputusan Yunani untuk mengadakan referendum pada paket bailout disetujui oleh para pemimpin Uni Eropa pekan lalu, keputusan tersebut mengejutkan Cina. “Itu adalah keputusan independen yang diambil oleh Yunani. Saya berharap periode yang tidak pasti ini tidak berkelanjutan,” tambahnya.

Meningkatkan kapasitas dana EFSF €1 Triliun dengan perjanjian dibuat pada pertemuan Uni Eropa pekan lalu. Setelah puncak pertemuan, Kepala EFSF – Klaus Regling terbang ke Beijing untuk meyakinkan negara tersebut agar turut serta berinvestasi.

Sementara itu, dana bailout €3 Miliar dalam penjualan obligasi dilaporkan akan ditunda karena kondisi pasar yang lemah. Pada Senin kemarin, EFSF telah mengumumkan bahwa ia berencana untuk menjual obligasi selama 10 tahun pada hari Rabu untuk mendanai bailout Irlandia.

There are no comments yet

  • Hello, guest