ECB Turunkan Suku Bunga

Posted on Nov 03, 2011

Bank Sentral Eropa (ECB) menurunkan suku bunga pada hari Kamis, sama mengejutkannya dengan kemungkinan Yunani yang akan meninggalkan mata uang Euro. Dewan pengurus yang dipimpin oleh Presiden ECB yang baru – Mario Draghi memutuskan untuk menurunkan tingkat suku bunga menjadi 1,25% dari 1,50%.

Hasil pemungutan suara untuk kebijakan moneter terasa lebih mudah dari sikap memerangi inflasi yang disukai oleh Jean Claude Trichet, pendahulunya Draghi. Para ekonom sendiri memperkirakan Draghi tidak akan merubah tingkat suku bunga pada pertemuan tersebut.

Penurunan terbaru ini terjadi setelah bank menahan tingkat suku bunga selama 3 bulan berturut-turut. Pada bulan Juli, bank sentral telah menaikkan suku bunga untuk ke-2 kalinya pada tahun ini.

Tingkat fasilitas pinjaman marginal dipotong sampai 2% dari 2,25%, sedangkan tingkat fasilitas deposit diturunkan menjadi 0,50% dari 0,75%. Draghi mengatakan, ia melihat resiko downside semakin meningkat pada prospek ekonomi zona Eropa, dan meramalkan bahwa prediksi pertumbuhan 2012 akan direvisi turun.

Mengingat lesunya ekonomi, tingkat inflasi harus turun di bawah 2% yang merupakan target baru dari ECB untuk tahun 2012 menurut Draghi.

There are no comments yet

  • Hello, guest