Pertumbuhan Non-Manufaktur Cina Melambat Pada Oktober

Posted on Nov 03, 2011

Pertumbuhan non-manufaktur Cina melambat pada bulan Oktober, menurut hasil survei dari China Federation of Logistics and Purchasing (CFLP) yang dirilis pada hari Kamis. Namun CFLP mengatakan bahwa pertumbuhan ini masih tergolong “kuat”.

Indeks Pembelian Manajer (PMI) untuk sektor jasa turun menjadi 57,7 dari 59,3 pada bulan September. Sebuah pembacaan PMI di atas 50 masih menunjukkan perluasan pada sektor tersebut.

Indikator untuk bisnis baru turun 0,3 poin menjadi 52,5, sedangkan pekerjaan-pekerjaan baru yang diterima dari luar negeri naik 0,7 poin menjadi 50,4. CFLP mengamati bahwa permintaan konsumen masih sangat kuat, meskipun terjadi penurunan indeks pesanan baru.

Meskipun demikian, survei oleh HSBC dan Markit Economics memberikan gambaran yang berbeda dari sektor jasa, dengan menunjukkan ekspansi yang kuat pada PMI di bulan Oktober. Menurut Markit, PMI naik menjadi 52,6 dari 51,5 pada bulan sebelumnya.

Survei Markit menunjukkan bahwa pesanan baru diperluas dengan laju tercepat sejak Juni 2011. Berbeda dengan data resmi, survei ini menunjukkan tingkat inflasi harga input naik ke level tertinggi pada 4 bulan terakhir.

Kepala ekonom HSBC – Qu Hongbin mengatakan bahwa sektor jasa harus mencari dukungan kebijakan tambahan di tahun mendatang, seperti Dewan Negara yang telah meluncurkan langkah-langkah pelonggaran kebijakan yang selektif seperti reformasi PPN untuk meringankan beban pajak untuk sektor jasa.

Menurut survei manufaktur PMI dari CFLP, aktivitas pabrik Cina menurun ke level terendah sejak Februari 2009. Hal ini juga mengungkapkan penurunan tajam dalam biaya pembelian manufaktur.

Sebagai hasil kebijakan Beijing yang ketat pada fiskal dan moneter, Produk Domestik bruto (PDB) tumbuh pada laju yang paling lambat di kuartal ke-3 (Q3) dalam 2 tahun terakhir. Pertumbuhan PDB pada Q3 masih berjalan moderat di 9,1% dari 9,5% pada kuartal ke-2 (Q2).

There are no comments yet

  • Hello, guest