Referendum Kemungkinan Besar Berakhir Di Bulan Desember

Posted on Nov 03, 2011

Yunani diharapkan dapat memberikan suara pada referendum mengenai paket bailout Uni Eropa pada minggu pertama bulan Desember, sedangkan Uni Eropa memotong pembayaran angsuran pinjaman terbaru senilai €8 Miliar sampai referendum selesai.

Referendum ini diharapkan akan diselenggarakan pada tanggal 4 Desember, dari laporan yang mengatakan pada hari Rabu. Setelah pertemuan kecil zona Eropa di Cannes menjelang pertemuan G20, Angela Merkel dan Nicolas Sarkozy mengatakan bahwa Yunani tidak akan menerima “satu sen pun” pada paket bailout jika para pemilih menolak rencana tersebut.

Para pemimpin itu mengatakan bahwa referendum tersebut akan memutuskan masa depan Yunani di zona Eropa, Merkel mengatakan bahwa pemungutan suara itu membahas soal apakah Yunani ingin tetap di zona Eropa atau tidak. Para investor takut apabila suara “tolak” sebagai suara mayoritas dari Yunani yang menentang rencana bailout.

Jika suara para anggota zona Eropa masih tetap pada paket bailout, itu akan menyebabkan default yang berurutan pada beberapa negara dan Yunani akan dipaksa untuk meninggalkan zona Eropa.

Ketua Dana Moneter Internasional (IMF) – Christine Lagarde mengatakan bahwa dia akan membuat rekomendasi kepada dewan eksekutif IMF, mengenai tahap ke-6 dari pinjaman secepatnya setelah referendum selesai, dan semua ketidakpastian akan dihapus.

“Saya menyambut indikasi Perdana Menteri (PM) Yunani bahwa referendum yang telah diumumkan akan berlangsung secepat mungkin agar kesepakatan pertemuan Uni Eropa dapat diimplementasikan secepatnya,” kata Lagarde.

Tanpa persetujuan dari Yunani ke program Uni Eropa atau IMF, kondisi untuk warga negara Yunani akan jauh lebih menyakitkan, Presiden European Commision – Jose Manual Barroso mengatakan dalam sebuah pernyataan Rabu kemarin.

PM Yunani – George Papandreou mengatakan, orang-orang Yunani akan bertindak bijaksana dan akan memberi suaranya dalam referendum untuk tetap di zona Eropa. Papandreou akan menghadapi mosi yang bisa menentukan langkah referendum untuk ke depannya pada hari Jumat.

There are no comments yet

  • Hello, guest