Sektor Jasa AS Sedikit Melambat

Posted on Nov 03, 2011

Kegiatan di sektor jasa AS tumbuh pada tingkat yang lebih lambat pada Oktober, menurut laporan yang dirilis oleh Institute for Surpply Management pada hari Kamis. ISM mengatakan, indeks non-manufaktur yang turun tipis menjadi 52,9 pada Oktober dari 53,0 di bulan September.

Para ekonom memperkirakan indeks akan naik menjadi 53,5. Pembacaan di atas 50 terus menunjukkan pertumbuhan di sektor jasa. Menurut indeks non-manufaktur, 8 dari 18 industri melaporkan pertumbuhan, sementara itu 8 lagi mengalami penurunan dan yang 2 hanya melihat sedikit pertumbuhan.

Sebagian penurunan sederhana dengan indeks utama karena perlambatan dalam laju pertumbuhan pesanan baru, dengan indeks pesanan baru jatuh ke 52,4 pada OKtober dari 56,5 di bulan September.

Bagaimanapun, laporan itu juga menunjukkan bahwa indeks pekerjaan melonjak menjadi 53,3 pada Oktober dari 48,7 di bulan sebelumnya. Laporan tersebut menunjukkan perubahan pada pekerjaan di sektor jasa.

Indeks harga turun menjadi 57,1 pada Oktober dari 61,9 di bulan September, indeks tersebut menunjuk ke sebuah perlambatan dalam laju pertumbuhan harga. ISM merilis sebuah laporan terpisah pada Selasa lalu menunjukkan bahwa aktivitas di dalam sektor manufaktur lebih lambat di bulan Oktober.

Indeks manufaktur turun menjadi 50,8 pada Oktober dari 51,6 di bulan September. Meskipun masih di atas angka 50, para ekonom terkejut dengan hasil yang muncul dan para ekonom memperkirakan indeks bisa berada di 52,0.

There are no comments yet

  • Hello, guest