Papandreou Mundur Pada Pemerintah Baru Yunani

Posted on Nov 07, 2011

Partai politik utama Yunani pada Minggu malam (waktu Eropa) setuju untuk membentuk unit pemerintah nasional yang baru, dalam kesepakatan tersebut pemerintah akan melihat Perdana Menteri George Papandreou mundur, menurut laporan media.

Setelah mencapai garis besar dari kesepakatan di Minggu malam, Papandreou dan Antonis Samaras yang merupakan pemimpin partai oposisi pada hari Senin akan bertemu untuk menyelesaikan rincian, termasuk pemilihan Perdana Menteri yang baru. New York Times melaporkan.

Tugas pertama pemerintah koalisi yang baru yaitu memenangkan persetujuan parlemen dari paket bailout yang telah dirancang oleh para pemimpin Eropa pada bulan Oktober. Presiden Yunani – Karolos Papoulias mengkonfirmasi laporan media bahwa Papandreou akan mengundurkan diri, kata Times.

Pada Minggu sebelumnya, Wall Street Journal melaporkan bahwa Papandreou mengatakan kepada rekan kabinet bahwa kesepakatan koalisi baru akan diikuti oleh pengunduran dirinya.

Laporan lain mengatakan bahwa pemerintahan yang baru ini nantinya akan dipimpin oleh Menteri Keuangan – Evangelos Venizelos.

Pada hari Sabtu, Papandreou diberi pengarahan oleh Papoulias pada rencananya untuk pemerintahan multi partai yang akan mengimplementasikan paket bailout, yang dibuat oleh para pemimpin Eropa akhir bulan lalu.

“Saya akan melakukan apapun yang saya bisa untuk membantu membentuk koalisi pemerintahan yang baru. Pada keputusan 26 Oktober dan kewajiban yang berasal dari hal itu adalah kondisi bagi negara yang akan tetap berada di zona Eropa,” kata Papandreou dalam pidato televisi nasional.

There are no comments yet

  • Hello, guest