Saham Asia Jatuh Bersama Lemahnya Para Eksportir

Posted on Nov 07, 2011

Market Asia jatuh pada Senin ini, dengan adanya penurunan pada perusahaan-perusahaan penting di sektor ekspor, dan pengunduran diri Perdana Menteri (PM) Yunani – George Papandreou dalam pemerintah yang baru.

Nikkei Stock Average (Jepang) kehilangan lebih dari 0,5% menjadi 8750, Kospi (Korea Selaran) turun 0,6% menjadi 251.05.

Utang Eropa masih mendominasi perhatian di market sampai akhir pekan, dengan laporan dari Yunani mengenai PM Papandreou akan mundur setelah rencana referendum nasional pada paket bailout dibatalkan.

Partai utama Yunani telah sepakat pada Minggu malam (waktu Eropa) untuk membentuk pemerintah persatuan nasional baru, dan akan melihat Papandreou akan menyerahkan kekuasaannya kepada pemimpin yang baru, penyerahan kekuasaan tersebut diharapkan dapat diumumkan pada Senin ini.

Tugas pertama pemerintah Yunani yang baru yaitu dapat memenangkan persetujuan parlemen dari paket bailout yang telah disatukan oleh para pemimpin Eropa di bulan Oktober. Para ahli strategi di Barclays Capital mengatakan, pengunduran diri Papandreou sebagai PM adalah “hal yang diharapkan oleh market.”

“Yang paling penting bagi market dalam jangka sangat pendek adalah hasil yang relatif mengecewakan dari pertemuan G20, dan kurangnya kemajuan pada fasilitas seperti memanfaatkan Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa (EFSF),” kata mereka.

Di tempat lain, bursa Hong Kong yang mengalami kenaikan pada pembukaan market Senin pagi dengan cepat pindah ke wilayah negatif, yang menitik beratkan pada Perdana Menteri Cina – Wen Jiabao yang menekan beberapa saham properti. Indeks Hang Seng (Hong Kong) turun 0,4% menjadi 19784.

There are no comments yet

  • Hello, guest