Ekspor Jerman Tumbuh Tak Terduga, Surplus Perdagangan Meningkat

Posted on Nov 08, 2011

Ekspor Jerman mencatat ekspansi bulanan yang tak terduga pada bulan September, hasil itu menunjukkan kontribusi yang moderat untuk pertumbuhan ekonomi dan perdagangan pada akhir kuartal ke-2 (Q2), menurut data dari kantor statistik yang mengungkapkan pada Selasa.

Ekspor naik 0,9% pada bulan September dari bulan lalu, sementara itu para ekonom sendiri mencari kenaikan 0,8%. Namun, peningkatan itu lebih lemah dari kenaikan 3,2% pada Agustus setelah direvisi, keuntungan terbaru adalah kenaikan 2 bulan secara berturut-turut.

Sementara itu, impor menurun pada kecepatan yang lebih cepat sebesar 0,8% per bulan setelah direvisi turun 0,1% pada Agustus. Penurunan ini kontras dengan pertumbuhan yang diharapkan sebesar 0,4%.

Secara tahunan, pertumbuhan ekspor melambat menjadi 10,5% dari 14,6% pada bulan Agustus. Peningkatan impor secara tahunan sendiri menurun menjadi 11,6% pada bulan September dari 13,2%.

Surplus perdagangan meningkat menjadi €17,4 Miliar dari €11,8 Miliar pada bulan Agustus. Dalam kalender dan ketentuan musiman yang disesuaikan, neraca perdagangan luar negeri menunjukkan surplus sebesar €15,3 Miliar pada September.

Transaksi berjalan dari neraca pembayaran menunjukkan surplus sebesar €15,7 Miliar, naik lebih tajam dari bulan Agustus yang direvisi ke bawah menjadikan surplus sebesar €6,5 Miliar.

Ekspor Jerman ke negara-negara Uni Eropa meningkat sebesar 10,8%, dan impor dari negara-negara tersebut tumbuh sebesar 13,8%. Pengiriman ke wilayah Eropa naik 11,5%, sedangkan pertumbuhan impor melebihi 13%.

Pengiriman ke negara di luar Uni Eropa mencatat pertumbuhan tahunan sebesar 10,1% dan impor naik 7,9%. Sementara angka perdagangan menunjukkan aktivitas yang kuat dalam ekonomi, indikator lain menunjukkan kinerja yang buruk.

Pada bulan September, produksi industri menurun 2,7% dan pesanan pabrik turun 4,3%. Selain itu, pengangguran Jerman meningkat 10,000 pada bulan Oktober untuk pertama kalinya dalam hampir 2 tahun terakhir.

There are no comments yet

  • Hello, guest