Ketua IMF Peringatkan Kondisi Ekonomi Global

Posted on Nov 09, 2011

Ekonomi global telah memasuki “fase yang berbahaya dan tidak pasti”, Direktur Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde memperingatkan pada hari Rabu. “Jika kita tidak segera bertindak bersama-sama, maka akan terjadi ketidakstabilan keuangan dan jatuhnya permintaan global,” tambahnya.

Beralih ke Cina, Lagarde mengatakan bahwa negara itu berada di jalan yang benar dalam hal mengurangi kelemahan domestik, laju pertumbuhan kredit yang moderat, meningkatkan pengadaan dan modal, serta memperluas lingkup kebijakan macroprudential.

Dia menunjukkan bahwa masih ada ruang untuk menggunakan kebijakan moneter supaya dapat menahan pertumbuhan kredit. Lagarde mendesak Cina untuk ikut berperan dalam berinvestasi ke negara-negara yang mengancam pertumbuhan ekonomi global.

Meskipun Asia terhindar dari krisis keuangan, namun Lagarde mengatakan bahwa wilayah tersebut belum bisa dibilang “kebal” terhadap perkembangan di seluruh dunia. Wilayah tersebut masih sangat tergantung dari permintaan eksternal untuk meningkatkan pertumbuhan.

There are no comments yet

  • Hello, guest