BOE Pertahankan Stimulus Dan Tingkat Suku Bunga

Posted on Nov 10, 2011

Bank of England (BOE) pada hari Kamis meninggalkan ukuran pelonggaran kuantitatif tetap di £275 Miliar, dan mempertahankan rekor tingkat bunga tetap rendah, mengingat prospek yang buruk di tengah meningkatnya penularan utang Eropa.

Pada akhir pertemuan 2 hari Kebijakan Komite Moneter (MPC), Gubernur Mervyn King dan 8 pejabat lainnya memutuskan untuk mempertahankan stok pembelian aset, aset tersebut dibiayai oleh penerbitan cadangan bank sentral di £275 Miliar setelah kenaikan yang mengejutkan pada bulan Oktober kemarin.

Para pembuat kebijakan juga memilih untuk menahan suku bunga di 0,50%. Tingkat ini merupakan tingkat paling rendah sejak BOE di dirikan pada 1694. Perubahan suku bunga sebelumnya di bulan Maret 2009, saat itu tingkat suku bunga diturunkan sebesar 0,5%.

Keputusan bulan lalu untuk mengangkat pelonggaran kuantitatif dengan £75 Miliar diambil secara bulat setelah para anggota mempertimbangkan berbagai pembelian aset antara £50 Miliar dan £100 Miliar.

King mengatakan bahwa pelonggaran kuantitatif tambahan tidak akan menjamin peningkatan pinjaman bank untuk usaha dan rumah tangga, akan tetapi hal itu telah mengurangi intensitas penurunan pinjaman.

Deputi Gubernur Charles Bean mengatakan kepada anggota parlemen bahwa stimulus £75 Miliar, kemungkinan akan menambah setengah presentase poin untuk pertumbuhan. Sejak pertemuan sebelumnya, data ekonomi memicu resesi dak kemungkinan akan muncul kembali di wilayah tersebut.

Ekonomi Inggris diperluas 0,5% pada kuartal ke-3 (Q3). The National Institute of Economic and Social Research melihat 50% dari perekonomian Inggris akan tergelincir ke dalam resesi.

Inflasi yang terus menerus di atas target 2% kini melonjak menjadi 5,2% pada bulan September dari 4,5% bulan lalu. Inflasi belum pernah setinggi itu sejak Januari 1997, namun para ekonom mengharapkan inflasi akan melemah dalam beberapa bulan ke depan.

There are no comments yet

  • Hello, guest