Defisit Perdagangan AS Menyempit Di Bulan September

Posted on Nov 10, 2011

Dengan meningkatnya nilai ekspor pada tingkat yang jauh lebih cepat dari nilai impor, departemen perdagangan merilis sebuah laporan pada hari Kamis yang menunjukkan bahwa defisit perdagangan AS menyempit tak terduga di bulan September.

Laporan ini menunjukkan bahwa defisit perdagangan menyempit menjadi $43,1 Miliar pada September setelah direvisi turun menjadi $44,9 Miliar pada bulan Agustus. Para ekonom telah memperkirakan defisit akan melebar ke $46,3 Miliar dari $45,6 Miliar sebelum direvisi turun pada Agustus.

Paul Dales – senior ekonom AS dari Capital Economics mengatakan, “menyempitnya defisit berarti menunjukkan bahwa pertumbuhan tahunan pada kuartal ke-3 (Q3) dapat direvisi naik dari 2,5% mungkin akan menjadi 2,8%.”

Sebuah lonjakan besar di sektor ekspor memberikan kontribusi terhadap menyempitnya defisit, dengan nilai ekspor yang meningkat sebesar 1,4% menjadi $180,4 Miliar dari $177,9 Miliar pada Agustus.

Nilai impor meningkat jauh lebih sederhana pada bulan September sebesar 0,3%, merayap sampai dengan $223,5 Miliar dari $22,8 Miliar pada bulan sebelumnya.

Laporan ini juga menunjukkan bahwa defisit barang dipersempit ke $58,9 Miliar di bulan September dari $60,9 Miliar pada Agustus, sementara itu surplus jasa merosot ke $15,8 Miliar dari $16,0 Miliar.

Defisit barang menyempit disebabkan oleh kenaikan ekspor terkemuka di industri, pasokan bahan dan barang-barang konsumen. Departemen perdagangan juga mengatakan bahwa defisit perdagangan dengan Cina ikut menyempit ke $28,1 Miliar pada September dari $29,0 Miliar di bulan Agustus.

There are no comments yet

  • Hello, guest