Pengangguran Australia Turun, Lapangan Kerja Moderat

Posted on Nov 10, 2011

Tingkat pengangguran di Australia turun tipis tak terduga pada bulan Oktober, sementara itu ada peningkatan kecil dalam lapangan kerja. Biro statistik Australia menunjukkan angka terbaru pada hari Kamis.

Tingkat pengangguran yang disesuaikan secara musiman turun menjadi 5,2% pada Oktober dari 5,3% setelah direvisi naik pada bulan September. Ekonom mengharapkan akan terjadi peningkatan menjadi 5,3%.

Lapangan kerja secara keseluruhan naik sebesar 10,100 per bulan menjadi 11,46 Juta, kata biro. Pekerjaan full time meningkat 20,000 dari bulan lalu dan pekerjaan part time menurun 9,900 orang.

Tingkat pertisipasi tenaga kerja tidak berubah di 65,6%. Jumlah pengangguran sendiri menurun 5,700 dari bulan sebelumnya ke 630,800. Perkiraan tingkat pengangguran dari Reserve Bank of Australia (RBA) meningkat sedikit.

Pekan lalu, bank sentral menurunkan perkiraan pada pertumbuhane konomi dan inflasi, dan memperingatkan bahwa hasil buruk di Eropa akan merugikan perekonomian Australia. Bank sentral sekarang mengharapkan ekonomi dapat tumbuh 4% selama setahun yang berakhir pada Juni 2012.

Untuk Desember 2011, perkiraan tahunan Produk Domestik Bruto (PDB) diturunkan menjadi 2,75% dan pertumbuhan ekonomi untuk tahun yang berakhir pada Juni 2013 diperkirakan akan berada di antara 3% sampai 3,5%.

Awal bulan ini, RBA mengurangi tingkat bunga acuan sebesar seperempat poin, mengutip pertumbuhan yang tenang di luar sektor sumber daya. Tingkat suku bunga acuan diturunkan sebesar 25 basis poin menjadi 4,5% persis seperti yang diharapkan setelah menjaga selama kurang lebih 1 tahun.

Sementara itu, indeks sentimen konsumen yang disurvei oleh Westpac Melbourne meningkat sebesar 6,3% dari bulan sebelumnya. Menurut laporan survei, tingkat indeks tersebut tercermin atas keprihatinan yang kurang akan resiko global dan keamanan kerja.

There are no comments yet

  • Hello, guest