Eropa Sepakat Untuk Memanfaatkan Dana Penyelamatan

Posted on Nov 28, 2011

Pejabat Eropa telah sepakat tentang bagaimana memanfaatkan dana penyelamatan utama, sedangkan Jerman dan Perancis masih mencari cara untuk memperdalam integrasi fiskal di zona Eropa.

Menteri keuangan dari zona Eropa dijadwalkan akan bertemu pada hari Selasa, dan diharapkan dapat menyetujui aturan untuk meminjam Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa (EFSF), serta pedoman untuk intervensi pasar obligasi di zona Eropa, menurut laporan Reuters Minggu kemarin.

Sementara itu, Dana Moneter Internasional (IMF) membantah laporan La Stampa di Italia, bahwa IMF akan menawarkan bantuan hingga €600 Miliar ke Italia. Para analis telah mengutip laporan itu sebagai wujud untuk membantu kenaikan pada saham Asia di perdagangan Senin ini.

Namun, juru bicara IMF mengatakan dalam sebuah pernyataan, “Tidak ada diskusi dengan pihak berwenang dari Italia mengenai program pembiayaan dari IMF.”

Adapun langkah-langkah panjang, para pejabat Perancis dan Jerman membahas integrasi yang lebih dalam pada keuangan antar anggota, Reuters mengatakan dalam sebuah laporan secara terpisah.

Karena kesulitan dalam mengamandemen perjanjian internasional Uni Eropa. Usaha untuk memfokuskan pada pengamanan kesepakatan yang akan melibatkan negara-negara Uni Eropa hanya mereka yang menggunakan mata uang Euro.

“Tujuannya adalah agar negara-negara anggota dapat membuat mata uang besama Stability Union, dan berkonsentrasi pada itu,” kata Reuters yang mengutip dari menteri keuangan Jerman – Wolfgang Schaeuble yang mengatakan dalam sebuah wawancara televisi pada hari Minggu kemarin.

Kekhawatiran mengenai Eropa sendiri telah meningkat pada hari Jumat, setelah Standard & Poor (S&P) menurunkan peringkat sovereign credit Belgia dengan alasan pemerintah di sana kesulitan dalam memerangi utang.

There are no comments yet

  • Hello, guest