Uni Eropa Dan AS Perkuat Komitmen Bersama

Posted on Nov 29, 2011

Para pemimpin Uni Eropa dan Amerika Serikat pada hari Senin kemarin, menegaskan kembali komitmen mereka untuk bekerja sama agar dapat menghidupkan kembali pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan menjamin stabilitas keuangan.

Para pemimpin juga berjanji untuk mengambil tindakan yang mengatasi masalah pertumbuhan jangka pendek, serta kerentanan fiskal dan keuangan, memperkuat pondasi jangka panjang dan menyeimbangkan pertumbuhan.

“Kami sepakat tentang pentingnya bekerja sama dengan negara-negara berkembang untuk mendorong kebijakan dan mendukung pertumbuhan global yang berkelanjutan, dan seimbang. Kita ingat komitmen kami untuk melaksanakan hasil KTT G20 di Cannes.” kata para ke-2 pemimpin dalam pernyataan secara bersamaan.

Ke-2 pemimpin dari Uni Eropa dan AS mengatakan, bahwa ada kebutuhan untuk mengintensifkan upaya agar dapat mewujudkan potensi kerjasama ekonomi transatlatik yang belum dimanfaatkan, dengan tujuan agar dapat menghasilkan peluang baru pada pekerjaan dan pertumbuhan hubungan perdagangan antara Uni Eropa dan AS.

Ke-2 pemimpin tersebut mengatakan bahwa investasi juga harus dibuat lebih kuat. Dalam sebuah konferensi pers bersama dengan Presiden AS – Barack Obama dan Presiden Komisi Eropa – Jose Manuel Barroso mengatakan, meskipun Eropa melalui masa yang sulit, pemerintah di sini akan mengambil langkah-langkah kuat serta bertekat untuk bergerak maju.

“Kami punya saham pada keberhasilan mereka, dan kami akan terus bekerja keras untuk mencoba menyelesaikan masalah ini dalam waktu dekat,” kata Obama di Gedung Putih setelah KTT.

Barroso mengatakan bahwa Komisi Eropa telah memperkuat tata kelola ekonomi Uni Eropa dan zona Eropa, dengan aturan yang jauh lebih kuat untuk memastikan kebijakan anggaran yang sehat, dan mengatasi ketidakseimbangan. Aturan-aturan baru ini akan berlaku hanya dalam waktu beberapa minggu, katanya.

There are no comments yet

  • Hello, guest