Federal Reserve Bergabung Dengan Bank Sentral Utama Lainnya

Posted on Nov 30, 2011

Federal Reserve (Fed) AS bergabung dengan bank sentral utama lainnya dalam upaya untuk meningkatkan likuiditas pada sistem keuangan global, seperti yang yang telah diumumkan pada Rabu pagi ini (waktu AS setempat).

Bank Kanada atau Bank of Canada (BOC), Bank Inggris atau Bank of England (BOE), Bank Jepang atau Bank of Japan (BOJ), Bank Sentral Eropa atau European Central Bank (ECB), dan Bank Swiss atau Swiss National Bank (SNB) juga berpartisipasi dalam program ini.

“Tujuan dari tindakan ini untuk memperingan ketegangan di market keuangan, dan dengan demikian akan mengurangi ketegangan tersebut pada pasokan kredit untuk rumah tangga, bisnis dan membantu kegiatan ekonomi,” menurut pernyataan di website Fed.

Bank-bank sentral telah sepakat untuk menurunkan harga pada pengaturan yang ada pada likuiditas Dollar AS dengan menukar 50 basis poin, sehingga tingkat baru akan menjadi indeks Overnight Index Swap (OIS) Dollar AS dengan menambahkan 50 basis poin mulai 5 Desember.

Otorisasi dari pengaturan swap yang telah diperpanjang untuk 1 Februari 2013. Selain itu, BOE, BOJ, ECB dan SNB akan terus menawarkan tender selama 3 bulan sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Sebagai langkah kontingensi, bank-bank sentral juga telah sepakat untuk menetapkan pengaturan pertukaran likuiditas bilateral temporer sehingga likuiditas yang dapat diberikan di setiap yurisdiksi dalam mata uang mereka jika kondisi pasar semakin memburuk.

Sebelumnya, Standard & Poor (S&P) menurunkan peringkat kredit pada sejumlah besar lembaga keuangan global, terutama di Eropa dan AS yang menyusul perbaikan kriteria peringkat.

There are no comments yet

  • Hello, guest