Harga Rumah Di Cina Terus Menurun

Posted on Jan 04, 2012

Harga rumah di Cina menurun selama 4 bulan berturut-turut pada Desember, dikarenakan pemerintah terus mengendalikan spekulasi di pasar real estate di negara itu, menurut sebuah laporan yang mengutip survei yang dirilis pada hari Rabu.

Menurut survei yang disusun oleh China Real Estate Index System (CREIS) yang berkaitan dengan perusahaan real estate online Soufun Holdings, harga rumah rata-rata turun 0,25% pada Desember dari bulan sebelumnya.

Harga rata-rata properti di Cina sebesar 8,809 Yuan per meter persegi, dibandingkan dengan 8,832 Yuan per meter persegi pada November. Penurunan harga terdapat di 60 dari 100 kota yang disurvei.

Penurunan harga juga tercatat di semua 10 kota besar negara itu. Menurut survei, 37 kota mencatat kenaikan harga rumah dan harga di 3 kota sisanya tetap tidak berubah.

Data dari biro statistik nasional bulan lalu menunjukkan bahwa harga rumah di sebagian besar kota-kota besar Cina menurun ke-2 kalinya. Harga di 49 dari 70 kota yang dipantau oleh pemerintah sudah menunjukkan penurunan di bulan sebelumnya.

Perdana Menteri Cina – Wen Jiabao mengatakan bahwa kuarta pertama 2012 akan menjadi masa-masa yang sulit bagi perekonomian, dan mungkin kebijakan moneter akan diluncurkan lagi jika diperlukan.

“Kami menghadapi tekanan ekonomi ke bawah dan permintaan eksternal yang berkurang serta meningkatnya biaya bagi perusahaan,” kata Wen selama kunjungannya ke provinsi Hunan.

There are no comments yet

  • Hello, guest