Athanasios Orphanides Desak Pemimpin Eropa

Posted on Jan 06, 2012

Athanasios Orphanides selaku anggota Dewan Pemerintahan Bank Sentral Eropa (ECB) mendesak para pemimpin Eropa, untuk membalikkan kebijakan utang Yunani dalam rangka agar dapat mengembalikan kepercayaan investor.

“Membalikkan PSI sektor swasta di Yunani adalah keputusan yang akan membantu untuk memulihkan kepercayaan,” kata Orphanides yang juga kepala di bank sentral Siprus.

Meninggalkan keputusan PSI Yunani juga akan menaikkan biaya pendanaan pemerintah Yunani, akan tetapi dengan mengembalikan kepercayaan di zona Eropa akan mengurangi biaya pembiayaan pemerintah zona Eropa lainnya. Ia berpendapat bahwa “membalikkan PSI Yunani akan menguntungkan zona Eropa secara keseluruhan.”

Doktrin mengenai PSI dengan menekankan ide bahwa pemegang kuasa zona Eropa harus siap untuk menanggung kerugian, bahkan dalam keadaan yang belum tentu memicu kerugian yang sebanding dengan kehilangan anggota.

Eropa sendiri gagal untuk mendapatkan kembali kepercayaan investor meskipun membalikkan inovasi PSI Dauville. Sebaliknya, para pemimpin zona Eropa yang didukung oleh PSI Yunani terus menerus menyatakan bahwa kasus Yunani merupakan kasus yang unik dan tidak boleh terulang lagi.

There are no comments yet

  • Hello, guest