Data Terakhir AS Masih Kurang Membantu Ekonomi

Posted on Jan 09, 2012

Meskipun pekerjaan dan survei PMI yang dirilis pekan lalu menunjukkan ekonomi AS tumbuh secara signifikan pada bulan Desember, ada perdebatan “apakah ekonomi AS ke depannya akan lebih baik atau tidak ?.”

Data yang akan dirilis pada pekan ini masih belum mampu menyelesaikan perdebatan itu, meskipun klaim pengangguran dan penjualan retail pada Desember serta Beige Book Federal Reserve (Fed) diikuti oleh pertumbuhan ekonomi.

Keputusan tingkat suku bunga dan konferensi pers Bank Sentral Eropa (ECB) Kamis mendatang juga akan menjadi fokus utama oleh pasar.

Ketua Fed – Ben Bernanke, Presiden Fed New York – William Dudley dan Gubernur Fed – Elizabeth Duke berbicara tentang bagaimana pasar perumahan dapat menahan ekonomi, dan ekspektasi di tengah pembangunan ulang bahwa bank sentral akan mengambil tindakan lebih lanjut hanya dalam beberapa pekan ini.

Terry Clower – Direktur dari Unversity of North Texas untuk ekonomi dan penelitian mengatakan, ia masih bertanya-tanya “apakah benar masalah penyesuaian musiman data statistik dapat membuat ekonomi tampak lebih baik dari yang sebenarnya ?.”

“Bahkan jika 200,000 pekerjaan di sektor non-pertanian diciptakan, itu bagus tetapi tidak cukup besar pengaruhnya untuk menurunkan pengangguran. Itu kabar baik, hanya saja bukan suatu berita besar,” tambahnya.

There are no comments yet

  • Hello, guest