Ketua Swiss National Bank Mengundurkan Diri

Posted on Jan 10, 2012

Ketua Swiss National Bank – Philipp Hildebrand mengundurkan diri dengan segera pada hari Senin kemarin, ia tidak bisa membuktikan bahwa dia telah menyadari perdagangan mata uang yang dibuat oleh istrinya dan ingin melindungi integritas dari bank sentral.

Keputusan Hildebrand untuk melepaskan salah satu pekerjaan terbaik di dunia pada bank sentral, setelah 2 tahun lalu yang datang sebagai anggota parlemen Swiss bertemu untuk membahas skandal, yang meletus pekan lalu setelah bank Sarasin memecat karyawan yang membocorkan rincian perdagangan ke lawan politik para gubernur bank sentral.

Istri Hildebrand – Kashya, mantan hedge fund trader yang sekarang mengelola sebuah galeri seni di Zurich membeli 400,000 Swiss Franc ($418,000) pada tanggal 15 Agustus, 3 minggu sebelum suaminya mengawasi langkah-langkah untuk menutup kenaikan save haven Franc. Dia kemudian menjual Dollar AS pada tingkat yang lebih tinggi.

Pada konferensi pers 4 hari lalu, Hildebrand telah menolak panggilan untuk mundur dan mengatakan bahwa ia hanya belajar dari perdagangan istrinya sehari setelah dia membuat keputusan itu, dan menolak menyatakan bahwa ia sendiri yang berwewenang dalam kesepaktan mata uang.

Tapi dia mengatakan kepada wartawan pada Senin kemarin, ia tidak bisa memberikan bukti akhir bahwa ia tidak mengetahui perdagangan dan telah memutuskan untuk mundur, saat ia menyadari tekanan publik yang besar atas peristiwa itu dengan mengorbankan kredibilitasnya.

“Saya sampai pada kesimpulan bahwa tidak mungkin untuk memberikan bukti yang meyakinkan, dan bukti terakhir bahwa istri saya memang memulai transaksi valuta asing pada 15 Agustus tanpa sepengetahuan saya,” kata Hildebrand.

Christoph Blocher – tokoh terkemuka di Swiss People’s Party (SVP) yang telah lama menyerukan Hildebrand dan menyerahkan dokumen perdagangan mata uang kepada pemerintah, menyambut pengunduran dirinya.

“Tidak ada bank sentral di Eropa di mana presiden dapat melakukan sesuatu seperti itu. Bank sentral di seluruh Eropa dengan pemimpin seperti Hildebrand akan dihapuskan,” katanya.

Ketua FSB dan Gubernur Bank of Canada – Mark Carney yang pernah belajar bersama dengan Hildebrand di Oxford mengatakan bahwa kepergiannya adalah suatu kerugian.

“Philipp telah berperan dalam membantu untuk mengatur tanggapan terhadap krisis keuangan global, dan mengembangkan reformasi utama untuk memperkuat ketahanan serta stabilitas pada sistem keuangan internasional,” kata Carney.

There are no comments yet

  • Hello, guest