ECB Tinggalkan Suku Bunga Tidak Berubah Awal Tahun Ini

Posted on Jan 12, 2012

Bank Sentral Eropa (ECB) meninggalkan suku bunga tidak berubah karena masih menunggu untuk menilai dampak dari pemotongan 2 tingkat sebelumnya, dan membunuh tindakan yang tidak konvensional untuk meningkatkan likuiditas dalam rangka memerangi krisis utang.

Dewan Pengurus di bawah Presiden ECB – Mario Draghi mempertahankan tingkat refinancing utama tidak berubah pada 1% setelah pertemuan di Frankfurt pada hari Kamis. Keputusan tersebut sejalan dengan ekspektasi para ekonom.

Bank tidak pernah memotong tingkat di bawah 1%. Tahun lalu, ECB di bawah mantan kepala Jean Claude Trichet menaikkan suku bunga 2 kali.

Membalikkan langkah-langkah pengetatan yang diambil lebih awal pada tahun 2011, Draghi memangkas suku bunga pada bulan November pada pertemuan kebijakan pertama kalinya sebagai kepala ECB, ia hanya menindaklanjuti penurunan pada sesi berikutnya.

Ke depannya, beberapa ekonom mengharapkan ECB dapat memotong suku bunga lebih lanjut pada kuartal pertama dengan adanya prospek ekonomi yang lemah dan krisis utang yang tersisa.

Dalam pertemuan di bulan Desember, Draghi juga mengumumkan langkah-langkah untuk meningkatkan likuiditas yang mencakup aturan pelonggaran agunan, mengurangi kebutuhan cadangan minimum dan tawaran pinjaman jangka panjang kepada bank.

There are no comments yet

  • Hello, guest