BOC Tahan Suku Bunga Di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Global

Posted on Jan 18, 2012

Bank of Canada (BOC) memutuskan untuk tidak merubah kebijakan moneter dan tetap menjaga suku bunga acuan berada pada 1%, meskipun ada angin kencang yang berhembus dari Eropa dan lambannya pertumbuhan ekonomi AS.

“Prospek ekonomi global telah semakin memburuk dan ketidakpastian juga semakin meningkat. Krisis utang di Eropa telah meningkat, kondisi di pasar keuangan internasional telah memperketat sistem mereka dan penghindaran resiko semakin meningkat,” kata BOC.

Keputusan untuk menunda stimulus moneter tambahan yang diharapkan oleh para ekonom masih belum jelas. Dalam pidato terakhir, bank sentral telah mengisyaratkan mereka untuk lebih peduli dengan inflasi dari kelemahan ekonomi yang menuju ke Kanada.

Dewan komisaris telah menjaga suku bunga acuan sebesar 1% sejak September 2010. Perekonomian Kanada terlihat disiplin beberapa tahun terakhir, pembatasan yang disebabkan oleh gangguan pasokan sementara dari Jepang pada musim panas.

Untuk ke depannya, bank sentral mengatakan bahwa “laju pertumbuhan ke depan diperkirakan akan lebih sederhana dari banyangan sebelumnya, sebagian besar disebabkan oleh lingkungan eksternal.”

Terakhir, bank sentral memperkirakan bahwa perekonomian akan tumbuh sebesar 2,4% pada 2011, kemudian pada 2012 akan tumbuh 2,0% dan tumbuh 2,8% pada 2013.

There are no comments yet

  • Hello, guest