Harga Konsumen Australia Alami Stagnasi

Posted on Jan 25, 2012

Harga konsumen di Australia mengalami stagnasi pada kuartal ke-4 (Q4), setelah mengalami peningkatan 3 tahun terus menerus menurut data yang dirilis oleh Biro Statistik Australia pada hari Rabu.

Indeks Harga Konsumen (CPI) tetap tidak berubah pada Q4 dibandingkan dengan peningkatan 0,6% pada Q3. Ekonom sendiri mengharapkan tingkat inflasi akan menurun menjadi 0,2%. Dari hasil CPI, memungkinkan Reserve Bank of Australia (RBA) memotong suku bunga pada pertemuan bulan Februari.

Kontributor atas lemahnya CPI berasal dari buah-buahan dan sayuran. Harga buah-buahan sendiri turun 13,4% dari Q3, dikarenakan adanya penurunan 46% pada harga pisang. Harga sayuran sendiri 5% lebih rendah dibandingkan dengan Q3.

Indeks harga makanan dan minuman non-alkohol turun 1,5% per kuartal. Biaya transportasi yang tercatat tidak ada perubahan pada Q4 karena adanya peningkatan 0,7% pada harga BBM dan diimbangi oleh penurunan harga kendaraan bermotor sebesar 1,2%.

Pada dasar tahunan, inflasi menurun ke level terendah dalam satu tahun terakhir sebesar 3,1% pada Q4 dari 3,5% pada Q3. Para ekonom sendiri sedang mencari penurunan sebesar 3,3%.

There are no comments yet

  • Hello, guest