PDB Korea Selatan Meningkat Sedikit Pada Q4

Posted on Jan 26, 2012

Produk Domestik Bruto (PDB) Korea Selatan naik 0,4% pada kuartal ke-4 (Q4) tahun 2011, dibandingkan dengan 3 bulan sebelumnya. Bank of Korea (BOK) pada hari Kamis mengatakan bahwa hal itu menandai keuntungan tingkat paling lambat dalam 4 kuartal tahun 2011.

Di sisi pengeluaran, konsumsi swasta turun 0,4% karena pengeluaran masih melemah pada barang tahan lama dan barang non-tahan lama. Fasilitas investasi sendiri menurun 5,2% karena pada mesin dan peralatan transportasi menurun.

Sementara itu, investasi konstruksi mengalami penurunan sebesar 0,3% yang mendapatkan kontribusi dari konstruksi non-bangunan perumahan. Ekspor turun 1,5% yang didorong oleh perangkat komunikasi dan impor turun 3,1% karena adanya penurunan pada produk logam dan mesin.

Manufaktur sendiri mereda 0,5% karena penurunan di mesin dan peralatan transportasi, dan sektor jasa naik 0,9% karena adanya keuntungan pada perdagangan grosir dan retail.

Pada saat yang sama, pendapatan domestik bruto riil naik 0,6% per kuartal pada Q4. Pada basis tahunan, PDB naik 3,4% dan angka tersebut sedikit di bawah perkiraan awal yang berkisar di 3,5%.

There are no comments yet

  • Hello, guest