Penurunan Keyakinan Investor Telah Membantu Naiknya Harga Emas

Posted on Feb 03, 2012

Indeks kepercayaan investor global yang diukur oleh State Street Global Markets pada pekan ini jatuh lebih dari 2 poin, hal itu menunjukkan bahwa gejolak ekonomi masih terus memicu investor untuk mencari aset yang lebih stabil seperti emas.

Reuters melaporkan bahwa emas memiliki record terbaik pada Januari sejak 1980, karena lemahnya Dollar AS dan pernyataan Federal Reserve (Fed) yang akan mempertahankan suku AS mendekati 0.

Hal ini menyebabkan investor melirik komoditas seperti emas, dan itu merupakan bentuk pelestarian kekayaan yang lebih stabil.

“Temuan ini menunjukkan bahwa volatilitas pasar yang disebabkan oleh krisis ekonomi yang sedang berlangsung terus memiliki efek destabilisasi pada investor, menguji tekad mereka dan memicu pencarian untuk aset yang ditawarkan untuk menghindari resiko downside, serta pelestarian kekayaan,” kata Marcus Grubb – Direktur Investasi di World Gold Council dalam sebuah pernyataan.

Salah satu aset ini adalah emas. Dia menjelaskan bahwa emas cenderung untuk tetap stabil, bahkan di saat ketidakstabilan dan ketidakpastian dalam ekonomi global. Sementara mata uang dunia banyak yang berfluktuasi, emas cenderung untuk menjaga nilainya. Hal itu bisa menunjukkan rally untuk emas tahun ini.

“Kemampuan emas untuk bergerak secara independen dari aset lain yang dimiliki oleh individu, dan sebagai lindung nilai terhadap inflasi serta fluktuasi mata uang. Hal itu sangat efektif sebagai pemelihara kekayaan jangka panjang dan harus menguatkan dasar dari setiap portfolio investasi jangka panjang,” Grubb mengatakan.

“Secara sederhana, emas menawarkan investor untuk percaya diri agar dapat berinvestasi ke dalam aset resiko lainnya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, terutama ketidakpastian ekonomi saat ini,” tambahnya.

Emas memiliki bulan terbaik pada Januari sejak Agustus 2011, dan harganya telah tumbuh hampir 15% sejak jatuh ke posisi terendah dalam 6 bulan terakhir pada bulan Desember 2011.

There are no comments yet

  • Hello, guest