Pertumbuhan Non-Manufaktur Cina Pada Januari Melambat

Posted on Feb 03, 2012

Pertumbuhan di sektor non-manufaktur Cina menurun, terutama di bulan Januari karena terjadi penurunan yang signifikan dalam kegiatan konstruksi selama liburan Tahun Baru Imlek, survei terbaru dari China Federation of Logistics and Purchasing (CFLP) menunjukkan pada hari Jumat.

Indeks aktivitas bisnis non-manufaktur turun menjadi 52,9 pada Januari dari 56 di bulan Desember 2011. Namun, pembacaan di atas 50 menunjukkan adanya ekspansi di sektor tersebut.

Indeks pesanan baru jatuh di bawah angka normal 50, turun 2 poin menjadi 48,5 dan menunjukkan penurunan pada jumlah pekerjaan baru yang diterima pada bulan Januari. Indeks pesanan baru pada ekspor turun 0,6 poin dari bulan sebelumnya menjadi 45,8.

Di sisi lain, indeks produksi komposit yang mengukur aktivitas di ke-2 sektor manufaktur dan jasa turun menjadi 49,7 di bulan Januari dari 50,8 pada Desember 2011. Angka tersebut menunjukkan kontraksi pada produksi sektor swasta

Survei terpisah oleh Markit Economics hari ini menunjukkan bahwa sektor jasa mempertahankan momentum pertumbuhannya pada awal 2012, dengan indeks aktivitas bisnis tidak berubah pada 52,5 dibandingkan dengan bulan Desember 2011.

“Kekuatan keseluruhan pada pertumbuhan ekonomi masih relatif lemah, yang pastinya akan membebani pasar pekerjaan jika kelemahan ini berlangsung lebih lama lagi,” kata Kepala ekonom HSBC – Qu Hongbin.

“Dengan menurunnya inflasi lebih lanjut, pembuat kebijakan Beijing masih memiliki banyak ruang untuk membuat langkah-langkah kebijakan untuk memastikan pendaratan yang lunak,” tambahnya.

There are no comments yet

  • Hello, guest