Minyak Mentah Merosot, Emas Perpanjang Penurunan

Posted on Feb 06, 2012

Harga minyak mentah merosot di bawah $97 pada Senin pagi (waktu AS setempat) karena pembicaraan mengenai rencana bailout ke-2 untuk Yunani kembali berlanjut. Light Sweet Crude Oil (WTI) untuk pengiriman bulan Maret turun $0.92 menjadi $96.92 per barel.

Pekan lalu, minyak mentah hampir kehilangan 2% yang berdampak pada kekhawatiran permintaan setelah stok minyak AS meningkat lebih dari yang diharapkan pada pekan lalu.

Dalam berita ekonomi, kepercayaan investor zona Eropa meningkat untuk ke-2 kalinya secara berturut-turut di bulan Februari, menurut survei oleh The Think Thank Sentix. Indeks kepercayaan naik tajam menjadi -11,1 dari -21,1 di bulan Januari. Para ekonom mengharapkan indikator dapat naik ke -16,5.

Sementara itu, pesanan pabrik di Jerman tumbuh 1,7% per bulan pada Desember, setelah jatuh 4,9% pada November dari data Kementerian Federal Ekonomi dan Teknologi. Tingkat pertumbuhan melebihi perkiraan awal yang memperkirakan adanya pertumbuhan 1%.

Di sisi lain, harga emas telah memperpanjang penurunan pada Senin pagi ini (waktu AS setempat) setelah adanya laporan pekerjaan yang optimis. Emas untuk pengiriman bulan April, yang merupakan kontrak paling aktif diperdagangkan turun $18.70 menjadi $1,721.60 per ounce.

Pekan lalu, emas menguat ke level tertinggi dalam 3 bulan terakhir dan berada di dekat $1,760 sebelum menetap di $1,740 setelah laporan pekerjaan AS yang positif sehingga menghasilkan bunga di aset beresiko.

Kepemilikan emas  SPDR Gold Trust yang merupakan terbesar di dunia, dan didukung dana yang diperdagangkan di bursa tidak berubah pada 1,277.13 Ton.

There are no comments yet

  • Hello, guest