Psikologi Trading – Aku Tahu! Aku Seharusnya Melakukan Buy!

Posted on Feb 29, 2012

Hal ini terjadi lagi pada hari Kamis minggu lalu, tepatnya tanggal 22 Februari 2012 saat harga Gold menyentuh level tertinggi di harga $1787

“Aku tahu ini akan terjadi”, ini adalah ratapan yang selalu terjadi berulang dari para gold procrastinator. Procrastinator adalah sebutan bagi orang yang suka menunda-nunda.

Ratapan seorang procrastinator biasanya diikuti dengan : “Aku telah belajar dari kejadian saat ini, lain kali harga gold terkoreksi, aku akan BUY!”

Namun hal itu tidak pernah terjadi …

psikologi trading_1

Kenapa tidak? Karena ketika harga gold terkoreksi, dia akan berkata seperti ini : “Penurunan ini hanya awal, pasti nanti akan turun lebih jauh lagi. Aku akan menunggu.”

Dia akan menunggu dengan sabar sampai harga Gold berbalik naik. Namun ketika itu terjadi, dia akan berkata pada dirinya sendiri: “Pembalikan ini pasti hanya sementara, paling-paling nanti akan turun lebih jauh lagi.”

Lalu ketika harga Gold naik tajam , dia akan berkata: “Aku tahu! Aku tahu! Lain kali harga gold turun, aku akan BUY, aku bersungguh-sungguh kali ini!”

Tahun berganti tahun, pola ini selalu terjadi berulang-ulang.

Apa yang kita pelajari dari pergerakan selama ini, pada tanggal 5 dan 6 September tahun lalu, harga Gold membuat rekor tertinggi di harga $1,895. Dan pada tanggal 29 December 2011, harga Gold jatuh ke dasar dan berada pada level harga $1,531.

Gold kembali naik perlahan ke level harga $1,600 pada 3 Januari 2012. Hal ini seharusnya “mengirimkan signal” BUY kepada setiap gold procrastinator. Namun mereka tidak pernah merespon signal tersebut. Tidak pernah sama sekali …

Meskipun secara finansial, mereka tahu mereka telah melewatkan kesempatan, namun ternyata kekuatan mental memang sangat menentukan dan dibutuhkan dalam mengarungi dunia trading.

Bagaimana menurut anda?
Faktor lain apa yang turut andil dalam ilustrasi di atas?

Sebagai penutup, silahkan nikmati sedikit humor trading berikut ini 🙂

psikologi-humor-trading

klik gambar untuk memperbesar

24 comments

  • Hello, guest
  • Trading tahu tempe sama trading forex apa bedanya bro ? sama2 jual / beli, cuma beda platform aja :D
  • Tergantung pemahaman spekulasinya jg Bos. Pedagang tempe di pasar juga kadang disebut spekulan. Supaya tidak haram kan sudah ada yang namanya free-swap, bebas riba. Keep Profits DM
  • Mending trading tahu tempe saja... lebih berkah, barokah, menyentuh akar rumput... Hindari spekulasi dan riba, haram..... (bagi yang percaya)