Emas “under-pressure” menjelang pertemuan ECB petang

Posted on May 03, 2012

Gold Naik Pagi Ini

Emas tetap berada di bawah tekanan pada Kamis ini setelah data-data ekonomi Eropa dan China yang mengecewakan memicu kekhawatiran tentang pertumbuhan global, sementara investor menunggu keputusan suku bunga oleh Bank Sentral Eropa.

Sorotan market hari ini yang mempengaruhi pergerakan harga emas :

  1. Spot emas turun tipis 0,1 persen menjadi $ 1,650.89 , memperpanjang penurunan dari hari sebelumnya.
  2. Data terbaru dari perusahaan-perusahaan AS menunjukkan bahwa ada penurunan dalam rekruitmen tenaga kerja di bulan April.
  3. Order bahan baku untuk barang-barang pabrik AS pada Maret tercatat menurun dalam data yang dirilis hari Rabu kemarin
  4. Pengangguran di zona eropa pada Maret ini tercatat sebagai yang tertinggi dalam 15 tahun, dan pabrik-pabrik di kawasan itu terlihat mengalami kemunduran.
  5. Investor menantikan pertemuan para pejabat European Central Bank petang nanti mengenai permasalahan krisis yang telah merembet ke Spanyol dan Italia. ECB diperkirakan akan tetap mempertahankan suku bunga terendah pada level 1%.

2 comments

  • Hello, guest
  • Bila ECB tetap mempertahankan suku bunga terendah pada level 1%, dampak gold gemana. mohon penjelasan dan terima kasih.
    • @Pak Winarto : Euro sendiri akan menurun dan kemungkinan besar para investor akan melirik ke emas, jadi kemungkinan besar emas akan naik Pak Winarto. Semoga membantu.