Market Berhati-hati Menjelang Pemilu di AS

Posted on Nov 06, 2012

Index saham di kawasan Asia dan dolar AS masih stabil pada Selasa ini dengan risk appetite para investor yang dipengaruhi oleh ketidakpastian atas hasil pemilihan presiden AS yang ketat.

obama

Faktor Risk-aversion mendukung dolar mendekati level dua bulan tertinggi terhadap beberapa mata uang major. Dolar menekan euro turun 0,1 persen menjadi $ 1,2782, mendekati titik dua bulan terendah di angka $ 1,2767.

Hong Kong Hang Seng Index. HSI turun 0,6 persen, terseret turun oleh penurunan saham raksasa HSBC Holdings (0005.HK). Nikkei Jepang rata-rata. N225 turun 0,4 persen.

“Fokus utama adalah pemilihan presiden AS, dan ketidakpastian menjelang pemilu ini yang akan mempengaruhi pasar, termasuk saham Jepang” kata Kenichi Hirano, operating officer di Tachibana Securities.

Presiden AS Barack Obama dan penantangnya dari partai Republik Mitt Romney masih terlihat bersaing ketat, tetapi Demokrat memiliki sedikit keuntungan di beberapa provinsi penting di mana hal ini bisa menjadi faktor penting, menurut Reuters.

Namun bila berkaca pada data historis yang lalu, dolar AS cenderung naik pasca pemilu di AS. Mari kita lihat hasilnya pada pemilu tahun ini.

There are no comments yet

  • Hello, guest