Index Saham AS, Asia dan Eropa ‘Merah’ Pasca Pemilu AS

Posted on Nov 12, 2012

index amerika

Ini adalah lautan grafik “merah” di pasar index saham AS dan Eropa menyusul kemenangan Presiden Obama dan pernyataan yang dibuat oleh Presiden ECB Mario Draghi. Index saham di kawasan AS turun lebih dari 2% dan sebagian besar Eropa turun antara 1 dan 2%.

Hal ini tidak akan berbeda jika Romney menang. Terlepas dari siapa yang menang, pergantian “arah angin” global akan tetap sama, dan ekonomi global sudah dalam resesi.

Sementara ini faktor ‘tebing fiskal’ disebut sebagai pemicu jual – pada teori bahwa pasar khawatir akan konfigurasi antara partai Republik dan Senat Demokrat di kongres AS dapat mencapai kesepakatan mengenai pemotongan anggaran belanja AS dan kenaikan pajak bagi golongan mampu di AS menjelang batas waktu yang ditentukan.

Sementara itu, data ekonomi yang berasal dari Eropa memang suram. Secara khusus, output industri Jerman merosot jauh lebih dari yang diharapkan, sebesar 1,8%, dipimpin oleh penurunan produksi 2,3% output.

Kamis miggu kemarin gubernur Bank Sentral Eropa Mario Draghi menyampaikan pidato kepada bankir Jerman di Frankfurt dan memberikan penilaian yang cukup suram mengenai situasi ekonomi dan prospek di wilayah euro, khusus mencatat bahwa efek dari krisis yang turut menyebar ke ekonomi Jerman.

There are no comments yet

  • Hello, guest