Cyprus, Negara Berikutnya yang Terancam Krisis di Eropa

Posted on Nov 15, 2012

Cyprus menjadi negara berikutnya yang terancam terkena krisis Eropa dan menjadi titik lemah zona Eropa berikutnya menurut data yang dirilis oleh Bank of America (BoA).

cyprus crisis

Dalam pengamatan secara kasar, negara kepulauan kecil ini tampaknya tidak akan membawa kekhawatiran yang signifikan bagi zona Eropa mengingat bahwa ekonomi negara tersebut hanya menyumbang 0,15% dari produk domestik bruto (PDB) zona Eropa dan defisit neraca keuangan kecil saat ini – kurang dari 1% dari PDB.

Tapi bila melihat dari dekat situasi pulau kecil ini di sektor keuangan dan fiskal, maka fakta yang didapatkan mengatakan hal yang sebaliknya.

Menurut BoA, yang paling utama diperhitungkan adalah Siprus berperan besar sebagai pusat keuangan dan investasi luar negeri (offshore), terutama datang dari Rusia. Dan saat ini Cyprus juga membutuhkan bantuan bailout dari Eropa.

Implikasi yang lebih luas dari tantangan ini akhirnya akan mempercepat spekulasi bahwa Siprus – dan bukan Yunani – mungkin menjadi negara pertama yang keluar dari zona Eropa secepat pasar menyadari risiko terhadap dinamika negara tersebut.

2 comments

  • Hello, guest