Bernanke : Jika Berhasil Hindari Fiscal Cliff, 2013 Akan Jadi Tahun Baik

Posted on Nov 21, 2012

bernanke

Gubernur Federal Reserve Ben Bernanke mengatakan pada hari Selasa bahwa tahun 2013 bisa menjadi “tahun yang sangat baik” bagi perekonomian AS jika politisi dapat mencapai kesepakatan untuk menghindari fiscal cliff.

Bernanke menyerukan kerangka jangka panjang yang kredibel untuk menempatkan anggaran federal pada jalur yang tepat, tetapi memperingatkan terhadap tindakan tidak perlu yang hanya akan menambah beban yang dihadapi perekonomian AS.

Dia mengulangi peringatan bahwa kenaikan pajak dan pemotongan anggaran belanja pemerintah dapat menggagalkan pemulihan ekonomi AS, dan mengatakan kekhawatiran atas bagaimana negosiasi anggaran akan diselesaikan sudah menghalangi pertumbuhan.

“Ketidakpastian tersebut hanya akan meningkatkan faktor perselisihan dan penundaan,” katanya di Economic Club of New York. “Sebaliknya, kerjasama dan kreativitas untuk memberikan kejelasan fiskal – khususnya, rencana untuk menyelesaikan anggaran jangka panjang tanpa merugikan pemulihan ekonomi bisa membantu menjadikan tahun baru 2013 menjadi tahun yang yang sangat baik bagi perekonomian Amerika.”

Ekonomi AS tumbuh pada tingkat tahunan 2 persen pada kuartal ketiga dan ekonom memprediksikan bahwa tiga bulan terakhir tahun ini akan menjadi lebih lemah. Tingkat pengangguran AS tetap meningkat sebesar 7,9 persen, meski Bernanke mengatakan hal tersebut masih jauh di atas dari yang diharapkan oleh Fed.

There are no comments yet

  • Hello, guest