Ekspor Jepang Masih Tercatat Menurun

Posted on Nov 21, 2012

ekspor jepang

Jepang menderita tahun terburuk di bidang ekspor sejak kontraksi global pada 2009 karena krisis Eropa. Perlambatan ekonomi dan sengketa diplomatik dengan Cina telah memperdalam resiko resesi.

Pengiriman ekspor Jepang total tercatat 53,5 trilyun (US$ 653 milyar) untuk Januari sampai Oktober, atau turun 2,3 persen dari periode yang sama tahun 2011, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg dari angka yang dirilis Departemen Keuangan di Tokyo hari ini. Defisit perdagangan untuk 2012 sejauh ini adalah sebuah rekor 5,3 triliun yen.

Namun melemahnya Yen pada 2 minggu terakhir bisa menjadi pendorong yang bagus bagi para eksportir Jepang dalam mencetak profit dari perdagangan internasional.

Yen merosot ke level terendah dalam tujuh bulan, diperdagangkan pada 81.89 per dolar pukul 15:00 WIB sore ini di Tokyo setelah menyentuh 81,97. Index Nikkei 225 menguat untuk kelima kalinya dalam enam hari perdagangan, menutup naik 0,9 persen di tengah pelemahan yen dan spekulasi bahwa oposisi Partai Demokrat Liberal, yang dipimpin oleh Shinzo Abe, akan membentuk pemerintah berikutnya dan mendorong BOJ untuk melakukan stimulus.

There are no comments yet

  • Hello, guest