Eropa Sepakat Bantu Yunani, Namun Market Tidak Melihat Adanya Kesepakatan

Posted on Nov 27, 2012

bailout yunani

Menteri keuangan zona Eropa, Bank Sentral Eropa (ECB) dan Dana Moneter Internasional (IMF) mencapai kesepakatan Selasa pagi di Brussels untuk melepaskan lebih banyak bantuan keuangan ke Yunani.

Para menteri keuangan zona euro, yang dikenal secara kolektif sebagai Eurogroup, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa situasi makroekonomi memburuk dan penundaan dalam melaksanakan bantuan telah mengakibatkan melemahnya keuangan pemerintah Yunani.

Para anggota Eurogroup mengatakan bahwa “unsur-unsur yang diperlukan sekarang telah berada di tempat” bagi negara-negara anggota untuk menyetujui European Financial Stability Facility (EFSF) dan pencairan dana bantuan ke Yunani sebesar 43,7 miliar euro yang diharapkan akan keluar pada 13 Desember .

Target utang Yunani juga sesuaikan, dengan utang pemerintah saat ini ditargetkan akan turun menjadi 124% dari produk domestik bruto pada tahun 2020, dan secara substansial kurang dari 110% dari PDB pada tahun 2022.

Meski Eropa menganggap ini merupakan sebuah kesepakatan, namun market masih melihatnya bukan sebagai kesepakatan sampai dana bantuan untuk Yunani benar-benar turun.

There are no comments yet

  • Hello, guest