Abe Membuat Investor Jepang Membeli Obligasi Asing Untuk Melemahkan Yen

Posted on Nov 28, 2012

Shinzo AbeShinzo Abe, calon kuat untuk menjadi Perdana menteri Jepang berikutnya dilaporkan telah membantu menggerakkan hampir tiga kali lipat pembelian obligasi asing oleh investor lokal Jepang saat ia menyerukan langkah-langkah bank sentral untuk menaikkan tingkat inflasi dan melemahkan yen.

Pembelian bersih utang luar negeri naik 285% menjadi 15,2 triliun yen ($ 185 milyar) tahun ini, menurut data dari Departemen Keuangan pada tanggal 17 November. Mata uang Jepang telah turun 5,1 persen kuartal ini yang mengakibatkan turunnya permintaan untuk sekuritas lokal. Sementara yield obligasi 20-tahun Jepang telah naik 1 1/2 basis poin menjadi 1,66 persen sejak akhir September, itu lebih rendah dari 2,3 persen dibandingkan US Treasuries.

“Investor akan ke kabur ke luar negeri untuk mencari suku bunga (interest rate) yang lebih tinggi karena pendapatan mereka di Jepang akan menurun sebagai akibat dari kebijakan pelonggaran moneter BOJ”, kata Shuntaro Take, general manager dari Tokio Marine & Nichido Life Insurance Co, Tokyo.

Kubu Oposisi Abe, Partai Demokrat Liberal telah meminta Bank of Japan untuk memompa uang secara tidak terbatas ke ekonomi Jepang untuk memicu inflasi dan melemahkan Yen. Hal ini menyebabkan melemahnya permintaan bagi obligasi-obligasi lokal di Jepang sebelum pemilu bulan depan.

There are no comments yet

  • Hello, guest