Ketegangan Korea Utara dan Imbasnya Terhadap Harga Emas

Para investor di seluruh dunia kini dilanda ketakutan dan berbondong-bondong mengamankan uang mereka dengan menginvestasikan dana mereka ke dalam bentuk emas. Ketakutan mereka bukan tanpa alasan. Uji coba rudal balistik Korea Utara pekan lalu membuat marah pemerintah Jepang karena rudal tersebut melintasi wilayah udara Jepang dan jatuh di Samudera Pasifik 1.180 kilometer dari lepas pantai Jepang.

Ketegangan internasional seperti yang terjadi sekarang ini selalu diiringi dengan kenaikan harga emas karena investor berpendapat bahwa emas adalah salah satu bentuk investasi yang paling aman atau biasa disebut sebagai safe haven. Peristiwa ini tentu saja mendorong kenaikan harga emas dan mencatat rekor tertingginya selama 11 bulan terakhir. Tercatat, harga emas per tanggal 5 September 2017 berada di angka $1.340 per troy ounce.

Artikel terkait: Emas Sebagai Aset Safe Haven

Grafik Harga Emas Dunia – Sumber: Bloomberg

harga emas bloomberg

Harga emas antam ikut terdorong naik

grafik emas antam

Di Indonesia, harga emas pun ikut mengalami tren yang sama. Harga emas batangan atau logam mulia PT. Aneka Tambang TBK (Antam) pun naik sebanyak Rp. 2.000 menurut data tanggal 6 September 2017. Harga emas Antam kini berada di level harga Rp. 629.000 per gram, dari harga sebelumnya yang berada di tingkatan Rp. 627.000 per gramnya.

Sedangkan harga beli kembali atau buyback emas Antam kini berada di level harga Rp. 559.000 per tanggal 6 September 2017. Kenaikan harga emas Antam ini juga turut dipengaruhi oleh memanasnya kondisi geopolitik di Korea Utara setelah negara tersebut meluncurkan rudal yang dinilai mampu untuk membawa hulu ledak nuklir. Sejumlah negara pun memberikan reaksi keras atas tindakan Korea Utara ini.

Saat yang paling tepat untuk berinvestasi emas online!

Sebagai seorang trader, kita bisa melihat kesempatan ini sebagai peluang untuk mengalihkan dana investasi kita ke emas secara online. Analis ABN Amro Georgette Boele mengatakan ketidakpastian situasi ketegangan politik Korea Utara ini akan terus mendorong kenaikan harga emas serta aset-aset safe haven lainnya. “Namun bila ketegangan berangsur mereda, maka harga emas pun akan segera turun,” ia melanjutkan.

Artikel terkait: Kelebihan Trading Emas Secara Online

Pengamat pasar forex.com, Fawad Razaqzada, seperti yang dikutip dari express.co.uk, mengatakan bahwa para investor mengkhawatirkan akan adanya aksi balasan dari Jepang, Korea Selatan, hingga Amerika Serikat. Meskipun suhu geopolitik ini kian menghangat dan membuat khawatir masyarakat dunia, ini adalah kabar bagus untuk para investor emas karena ketidakpastian kondisi ini akan terus mendongkrak harga emas.

gold bars

Bila anda tertarik untuk memanfaatkan kejadian ini untuk meraih untung sebanyak-banyaknya dengan trading emas secara online, kami menganjurkan anda untuk melakukan dana investasi senilai Rp. 10.000.000 untuk kenyamanan anda pada saat trading. Dengan besar investasi sebesar Rp. 10.000.000, kami akan memberikan anda akun premium trading emas. Tak hanya itu, anda juga berhak mendapatkan bonus cashback! Anda bisa menghubungi live chat support kami untuk mendapatkan informasi dan panduan lebih lanjut.

BUKA AKUN PREMIUM SEKARANG

linkedin share
Subscribe

There are no comments yet

  • Hello, guest