3 Langkah Mudah Trading Emas Online Untuk Pemula

Posted on Sep 15, 2017

Perkembangan dan kemajuan teknologi membuat segala halnya menjadi mudah. Begitu pula dalam dunia investasi. Jika 10 tahun yang lalu langkah investasi emas yang bisa anda tempuh hanyalah dengan cara membeli dan menyimpan emas batangan, di tahun 2017 ini investasi emas tetap bisa dilakukan meski anda tidak menyimpan emas dalam bentuk fisik, atau pun sertifikat emas.

Kini investasi online bisa anda lakukan kapan saja dan dari mana saja menggunakan perangkat smartphone yang ada di genggaman tangan anda. Selama anda masih terhubung dengan internet, anda bisa melakukan transaksi jual beli emas menggunakan platform MetaTrader yang mudah digunakan.

Bila anda adalah seorang trader pemula, maka anda perlu menguasai beberapa langkah mudah ini agar anda bisa mendapatkan keuntungan secara konsisten dari trading emas secara online. Anda harus menguasai dasar-dasar trading online, apa saja resiko dan keuntungan yang berpotensi untuk anda dapatkan, serta teknik-teknik yang digunakan saat trading emas online. Di artikel ini kita akan membahasnya satu persatu.

Dasar-dasar trading emas online

Bila anda sudah pernah menjadi seorang trader forex, maka anda tidak perlu belajar banyak hal untuk menjadi seorang trader emas online yang cakap. Anda hanya perlu mengetahui faktor apa saja yang menggerakkan harga emas lalu melakukan analisis agar anda bisa mendapatkan keuntungan saat anda trading.

Namun lain halnya jika anda adalah seorang trader pemula. Materi di atas, yakni faktor yang menggerakkan harga emas bisa anda pelajari setelah anda menguasai dasar-dasar trading online. Ada berbagai hal dasar yang harus anda kuasai, meliputi:

  • Istilah-istilah yang digunakan pada saat trading online
  • Cara membaca grafik di MetaTrader 4
  • Cara masuk / keluar pasar
  • Mengetahui hal-hal apa saja yang membuat anda untung / rugi saat trading

Setelah anda menguasai dasar-dasar trading online, langkah selanjutnya adalah anda harus menguasai teknik-teknik apa saja yang digunakan saat trading emas online.

Teknik-teknik trading emas online

Teknik yang anda gunakan ketika anda trading erat hubungannya dengan analisa yang anda gunakan untuk membaca pergerakan harga. Ada dua jenis analisa yang biasa digunakan trader online, yakni analisa teknikal dan analisa fundamental.

Analisa teknikal memanfaatkan pembacaan data yang terdapat di grafik MetaTrader untuk memprediksi pergerakan harga selanjutnya. Trader yang menggunakan analisa teknikal memanfaatkan berbagai indikator yang terdapat di platform MetaTrader untuk mencari tahu apakah dalam beberapa waktu ke depan harga emas akan bergerak naik atau kah turun. Biasanya trader menggunakan analisis teknikal untuk trading dalam jangka waktu yang pendek, meski ada juga trader yang membuka posisi dalam waktu yang cukup lama turut menggunakan analisis teknikal.

Di lain pihak, analisa fundamental mencari tahu ke mana arah grafik harga bergerak dari berita-berita dan data ekonomi dari suatu negara tertentu. Dikarenakan memiliki hubungan yang erat dengan dolar Amerika, biasanya harga emas akan bergerak berlawanan arah dengan harga dolar Amerika. Ketika harga emas naik, maka dolar Amerika akan turun, begitu pula sebaliknya.

Resiko & keuntungan trading emas online

Resiko dan keuntungan yang bisa anda peroleh dari trading emas online kurang lebih sama dengan trading komoditas lainnya, termasuk trading mata uang. Meski memiliki tren yang cukup stabil pergerakannya dan tren tersebut berlangsung cukup lama, pergerakan harga emas masih terbilang cukup volatile di grafik MetaTrader.

Maka dari itu perlu adanya manajemen resiko untuk meminimalisir kerugian yang mungkin anda dapatkan serta mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dari trading yang anda lakukan. Salah satu cara manajemen resiko adalah dengan menggunakan fitur stop loss dan take profit. Stop loss akan otomatis menutup transaksi anda ketika harga emas bergerak ke arah yang tidak anda inginkan dan menghindari anda dari kerugian lebih banyak.

Itu dia 3 langkah mudah untuk trading emas online bila anda adalah seorang pemula. Dengan menerapkan tiga langkah ini, maka anda akan selangkah lebih maju untuk menjadi seorang trader emas online yang profesional. Selamat mencoba!

There are no comments yet

  • Hello, guest