4 Cara Investasi Emas Tanpa Harus Memilikinya

Posted on Sep 15, 2017

Emas adalah salah satu bentuk investasi yang paling digemari berbagai kalangan masyarakat. Mulai dari masyarakat umum hingga yang berkecukupan pun turut memburu emas dalam rangka investasi. Namun keduanya memiliki perbedaan mendasar, yakni masyarakat umum biasanya berinvestasi emas karena tergiur dengan keuntungan yang didapatkannya di masa mendatang. Hal ini lumrah karena harga emas memang selalu merangkak naik dari waktu ke waktu.

Untuk orang kaya, tujuan investasi emas mereka biasanya didasarkan oleh keharusan untuk menjaga kekayaan mereka. Tak seperti jenis investasi lainnya yang nilainya cenderung fluktuatif, harga emas yang lebih stabil cocok untuk menjaga nilai kekayaan yang mereka miliki. Sehingga nilai kekayaan yang mereka miliki pun tidak akan berkurang dari waktu ke waktu.

Namun kedua tipe investor ini memiliki satu ketakutan yang sama, yakni takut akan emas yang disimpannya hilang. Inilah salah satu kelemahan investasi emas dalam bentuk fisik. Nah, buat anda yang merasa demikian, ada cara lainnya yang bisa ditempuh agar anda bisa tetap berinvestasi emas, tapi anda tak harus takut sewaktu-waktu emas yang anda simpan hilang. Berikut 4 cara alternatif investasi emas yang bisa anda pertimbangkan:

Sertifikat emas

Di jaman dahulu sudah ada banyak orang yang berinvestasi emas menggunakan kontrak emas. Dulu orang-orang membeli kontrak emas dari penambang emas dengan jaminan para pembeli kontrak ini bisa mendapatkan emas yang dijanjikan di masa mendatang.

sertifikat emas

Sekarang masih ada orang yang berinvestasi emas menggunakan kontrak emas, meski tidak lagi membelinya melalui penambang emas. Di jaman modern seperti sekarang, anda bisa membeli kontrak emas salah satunya melalui bank. Dengan membeli kontrak emas dari bank, anda tidak perlu khawatir emas anda akan hilang karena anda hanya memegang sertifikatnya. Selain itu, anda tak perlu membayar biaya penitipan di bank seperti ketika anda berinvestasi emas fisik.

Reksa Dana emas

emas

Reksa dana emas adalah salah satu bentuk investasi yang menguntungkan tanpa anda perlu merasa khawatir emas anda akan hilang dicuri orang. Ketika anda memilih investasi reksa dana emas, dana investasi anda nantinya akan diputar kembali oleh seorang Manager Investasi di perdagangan emas fisik, serta transaksi saham perusahaan emas. Dengan demikian dana investasi anda akan terus bertumbuh dari waktu ke waktu dan keuntungan pun bisa didapatkan secara lebih pasti.

Membeli saham perusahaan penambang emas

Jenis investasi yang satu ini memang tidak menjanjikan anda untuk bisa memegang emas fisik di masa mendatang. Namun keuntungan yang anda dapatkan dari membeli saham perusahaan tambang emas ini diperoleh dari keuntungan operasional yang didapat oleh perusahaan tambang emas tersebut. Di Indonesia, anda bisa memilih untuk berinvestasi pada saham perusahaan tambang seperti PT. Antam.

emas-saham

Perusahaan tambang ini tidak terlalu perduli dengan fluktuasi harga emas yang terjadi di pasar. Karena fokus mereka adalah untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dari penjualan hasil tambang emas mereka dikurangi biaya yang dibutuhkan untuk menambang emas tersebut. Namun perusahaan-perusahaan ini menghindari kerugian dari turunnya harga emas dengan melempar saham perusahaan mereka ke pasar modal dan anda sebagai investor akan mendapatkan keuntungan jika perusahaan tambang tersebut juga mendapatkan keuntungan.

Trading emas secara online

Berkat perkembangan teknologi, kini orang yang ingin berinvestasi emas bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja, selama ia terhubung dengan internet. Investasi jenis ini bahkan bisa dilakukan menggunakan smartphone android atau iPhone yang anda miliki. Anda tinggal mengunduh platform trading seperti MetaTrader 4 di Google Playstore atau App Store, mendaftar di broker yang anda percaya, lakukan deposit maka anda pun sudah siap untuk trading emas online.

trading emas

Ada banyak memang jenis investasi emas yang bisa anda tempuh. Namun, trading emas secara online inilah yang paling memberikan kemudahan bagi anda sebagai investor. Tidak hanya bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun, dana yang dibutuhkan untuk masuk ke pasar pun tidak sebesar jenis investasi lainnya karena didukung oleh leverage. Tinggal anda menggunakan manajemen dana agar anda bisa mendapatkan profit sebanyak-banyaknya.

Nah, tunggu apa lagi? Ayo buka akun premium sekarang juga dengan mengklik tombol di bawah ini atau jika anda memiliki pertanyaan seputar investasi emas secara online, anda bisa menghubungi kami via live chat support dan kami akan dengan senang hati membantu anda.

BUKA AKUN PREMIUM SEKARANG

2 comments

  • Hello, guest