5 Faktor Penggerak Harga Emas yang Harus Diketahui Trader

Posted on Sep 15, 2017

Faktor-Faktor-Penggerak-Harga-Emas

Sejak jaman kerajaan Mesir kuno hingga sekarang, masyarakat dunia masih menganggap emas sebagai salah satu logam dengan nilai yang sangat tinggi. Kita berlomba-lomba mengumpulkan emas sebanyak mungkin dengan harapan suatu saat nanti emas yang sudah terkumpul akan naik nilainya dan memberikan keuntungan yang berlipat ganda dibandingkan dengan saat kita pertama kali membelinya.

Sekarang anda mungkin bertanya-tanya faktor apa saja yang membuat harga emas terus terdorong naik dari waktu ke waktu. Tidak seperti pasar forex yang memiliki banyak faktor penggerak harganya, harga emas terbilang cukup sulit untuk bergerak secara signifikan bila tidak ada faktor yang cukup kuat untuk mendongkraknya. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas faktor-faktor apa saja yang bisa menggerakkan harga emas.

Cadangan Bank Sentral

gold reserve

Sejumah bank sentral di negara-negara maju, seperti Amerika Serikat, Jerman, Itali, Perancis dan sejumlah negara di benua Eropa lainnya menyimpan emas dalam jumlah yang cukup banyak sebagai cadangan devisa. Beberapa tahun belakangan ini semakin banyak bank sentral di dunia yang cukup aktif membeli emas dibandingkan menjualnya. Hal ini menyebabkan harga emas terus merangsek naik dari tahun ke tahun.

Harga Dolar Amerika

gold vs dollar

Sejak dulu, emas dan dolar Amerika memiliki korelasi yang kuat. Jika harga dolar Amerika menguat, maka harga emas akan cenderung untuk turun dan sebaliknya. Hal ini dikarenakan para investor lebih memilih untuk berinvestasi dalam bentuk dolar Amerika ketika harganya sedang menguat. Namun, jika pasar mengalami ketidakpastian atau sedang terjadi kekacauan politik, harga emas akan beranjak naik sementara dolar Amerika akan melemah.

Rasa takut

Salah satu peristiwa yang cukup mewakili faktor ini adalah ketegangan politik akibat peluncuran rudal balistik oleh Korea Utara beberapa waktu yang lalu. Ketakutan para investor akan kemungkinan datangnya perang dunia ketiga membuat mereka buru-buru mengamankan kekayaan mereka dalam bentuk emas yang merupakan aset safe haven. Hal ini membuat harga emas menyentuh angka tertingginya selama 11 bulan terakhir, yakni $1.300 per troy ounce.

Supply & Demand

supply and demand

Makin tingginya jumlah permintaan akan emas dari seluruh dunia turut menjadi faktor naiknya harga emas dunia. Uniknya, kini tak hanya perhiasan yang mendominasi jumlah permintaan emas di sejumlah negara, namun jumlah permintaan dari sektor manufaktur seperti pabrik elektronik dan kesehatan pun ikut naik. Hal ini dikarenakan emas mulai digunakan dalam perangkat elektronik seperti GPS dan pembuatan stent jantung di bidang medis. Rekor mencatat permintaan akan emas paling tinggi terjadi di tahun 2010. Di tahun 2010 saja, permintaan dari seluruh dunia terhadap perhiasan emas membukukan 54% dari total permintaan yang pernah terjadi sebelumnya.

Jumlah Produksi

gold mining

Tidak dapat dipungkiri bahwa penambang emas di seluruh dunia kini semakin sulit mencari emas. Masa-masanya di mana emas bisa didapatkan dengan mudah dengan cara mendulang di sungai sudah tidak lagi berlaku di tahun 2017 ini. Kini penambang harus menggali lebih dalam lagi untuk mencari emas yang mungkin jumlahnya tidak sebanyak sebelumnya. Tingginya resiko saat menambang, peralatan yang kian mahal, serta dampaknya terhadap lingkungan membuat harga jual emas kian menanjak dari tahun ke tahun.

Kesimpulan

Faktor-faktor di atas memang jadi penentu kenaikan harga emas di dunia. Makin terbatasnya jumlah emas yang diproduksi, harga dolar Amerika, hingga ketidakpastian pasar atau kondisi politik yang memanas bisa memicu kenaikan harga logam mulia yang satu ini. Tugas kita sebagai trader lah untuk memerhatikan kapan faktor-faktor ini bergerak agar kita bisa mendapatkan keuntungan pada saat trading emas online.

Di tahun 2017 ini, ada salah satu faktor yang membuat harga emas bergerak naik secara signifikan, yakni “rasa takut”. Hal ini disebabkan oleh menghangatnya suhu politik di Korea Utara. Ini adalah kesempatan langka untuk mendapatkan keuntungan secara lebih pasti dari trading emas online. Segera buka akun premium anda dengan mengklik tombol di bawah ini atau hubungi live chat support kami untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

BUKA AKUN PREMIUM SEKARANG

There are no comments yet

  • Hello, guest