Investasi Emas Fisik atau Emas Online, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Posted on Sep 21, 2017

Sejak ratusan tahun yang lalu, masyarakat dunia memilih emas sebagai bentuk investasi atau untuk mempertahankan nilai kekayaan yang dimiliki. Ketika konflik seperti perang dunia terjadi, para investor akan beralih pada emas karena nilai emas akan tetap bertahan sementara jenis investasi lainnya turun dengan drastis. Emas dipilih di masa perang karena lebih mudah dibawa dan bisa digunakan untuk membawa mereka keluar dari daerah konflik.

Di tahun 2017 ini konflik seperti perang dunia memang tidak terjadi, tapi emas tetap jadi pilihan investasi berbagai lapisan masyarakat di dunia. Bila anda ingin mulai berinvestasi emas namun anda masih bingung jenis investasi emas manakah yang paling menguntungkan buat anda, anda tak perlu khawatir. Di artikel ini kita akan bahas secara lebih mendalam jenis investasi manakah yang lebih menguntungkan untuk anda, investasi emas fisik atau online.

Modal yang dibutuhkan

Investasi emas fisik membutuhkan dana yang terbilang cukup besar untuk membeli emas batangan. Selain itu, anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk penyimpanan emas yang sudah anda beli tersebut karena menyimpan emas di rumah anda sendiri memiliki resiko hilang yang cukup tinggi.

Bila anda memutuskan untuk membeli emas fisik, sangat dianjurkan untuk tidak membeli emas dalam bentuk perhiasan karena harga beli dan harga jual emas perhiasan biasanya akan berbeda cukup jauh dan membuat anda rugi saat anda ingin menjualnya kembali. Pilihlah emas batangan atau emas dalam bentuk koin yang memiliki nilai serta harga yang lebih stabil.

Sedangkan untuk investasi emas online, biaya yang harus anda keluarkan relatif lebih kecil namun memiliki potensi keuntungan yang lebih besar. Broker-broker di Indonesia biasanya mensyaratkan biaya mulai dari 5 juta rupiah hingga 10 juta rupiah untuk membuka sebuah akun premium sebelum anda trading emas online. Harga ini sudah tentu jauh lebih murah dibandingkan dengan berinvestasi emas batangan.

Tingkat keamanan

Investasi emas fisik tentunya memiliki resiko yang terbilang cukup tinggi, yakni resiko hilang bila anda ingin menyimpan sendiri emas batangan yang sudah anda beli. Bila anda tidak ingin menyimpan sendiri emas tersebut, tentunya anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk menitipkan emas anda di bank.

Lain halnya dengan investasi emas secara online. Anda tidak perlu menyimpan emas yang anda beli secara online, karena emas yang diperdagangkan disimpan di tempat yang aman, yakni Bullion Association di Inggris. Keuntungan dari investasi emas online ini anda tidak perlu membayar biaya penitipan apa pun.

Keuntungan

Banyak orang yang ingin berinvestasi emas fisik memilih untuk membeli emas ketika harga sedang rendah-rendahnya dan berharap harga akan naik di masa depan untuk mendapatkan keuntungan. Mereka akan menghindari menjual atau pun membeli emas ketika harganya sedang turun dikarenakan takut mendapatkan kerugian.

Namun di investasi emas online, anda tetap bisa mendapatkan keuntungan ketika harga emas sedang naik atau pun turun. Ini adalah salah satu kelebihan trading emas online yang membuat metode ini banyak dipilih oleh para investor. Trader bisa menjalankan bisnis mereka tanpa khawatir akan mengalami kerugian karena fluktuasi harga. Ketika harga beranjak naik, trader tinggal buka posisi beli, sedangkan ketika harga menukik turun, aksi jual lah yang akan dipilih.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari dua jenis investasi emas di atas, sekarang tinggal anda yang memutuskan untuk memilih jenis investasi emas mana yang ingin anda jalankan. Bila digaris bawahi, investasi emas fisik lebih menguntungkan jika anda memiliki modal lebih serta ingin menjalankan investasi jangka panjang, katakanlah dalam kurun waktu 10 – 20 tahun. Sedangkan investasi emas online cocok untuk anda yang ingin berinvestasi jangka pendek dan ingin segera meraih keuntungan dari investasi yang anda jalankan.

Bila anda ingin segera berinvestasi emas online, anda bisa membuka akun premium dengan mengklik tombol di bawah ini. Namun bila anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai seluk beluk investasi emas online, anda bisa menghubungi live chat support kami di bagian kanan layar ini.

BUKA AKUN PREMIUM SEKARANG

There are no comments yet

  • Hello, guest